27 January 2021, 13:01 WIB

Pemerintah Siapkan Program Penanganan Pandemi Secara Komprehensif


Andhika Prasetyo | Humaniora

Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
 Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
Presiden Joko Widodo

PEMERINTAH menyiapkan program penanganan pandemi baik dari sisi kesehatan dan ekonomi secara komprehensif. Untuk jangka pendek, vaksinasi covid-19 menjadi kunci utama.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemberian vaksin kepada masyarakat adalah salah satu kebijakan prioritas dan pemerintah terus berupaya bekerja cepat.

"Persiapan infrastruktur, data, vaksinator dan lainnya sudah disiapkan dengan baik. Kita mengupayakan vaksinasi ini secepatnya untuk mengejar kekebalan komunal," ujar Jokowi dalam sambutannya di Media Group News Summit, Rabu (27/1).

Selain vaksinasi, program test, tracing dan treatment juga terus digalakkan. Berbagai fasikitas penunjang terus disempurnakan. Gerakan disiplin protokol kesehatan tetap digaungkan.

"Untuk hal ini, harus ada sinergi antarelemen mulai dari pemerintah pusat, provinsi, sampai RT/RW dan masyarakat, semua harus dilibatkan agar disiplin ini betul-betul bisa kita perkuat," tuturnya.

Dari sisi ekonomi, pemerintah masih melanjutkan sejumlah program yang memberi dampak positif seperti bantuan-bantuan sosial.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Tingkatkan Imunitas dengan Kurangi Garam

Kebijakan tersebut terbukti mampu melindungi daya beli masyarakat dan keberlanjutan dunia usaha.

"Pemerintah juga mengarahkan APBN 2021 untuk mendukung percepatan pemulihan dan akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi terutama melalui sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ketahanan pangan, teknologi informasi, dan pariwisata," papar mantan wali kota Solo itu.

Adapun, untuk jangka panjang, pemerintah menyiapkan strategi berupa reformasi struktural.

Kepala negara menjelaskan kebijakan tersebut lebih mengarah pada transformasi ekonomi yang lebih efisien, produktif serta peningkatan daya saing dan investasi.

"Kita sudah memulai kembali agenda reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja. Saat ini PP dan Perpres yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya sudah pada tahap finalisasi. Mungkin beberapa minggu ke depan sudah selesai dan pemerintah akan memastikan implementasinya berjalan baik," ucapnya.

Dengan demikian, tujuan pemerintah untuk menciptakan kemudahan berusaha, membuka lapangan kerja dan mendukung pemberantasan korupsi bisa terwujud.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT