27 January 2021, 11:18 WIB

Pascavaksinasi, Pejabat di Banyumas Pastikan tak Ada Efek Negatif


Lilik Darmawan | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu saat divaksinasi covid-19 di RSD Bagas Waras, Klaten, Jawa Tengah (foto ilustrasi)

SEJUMLAH pejabat di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) memberikan testimoni bahwa vaksinasi yang dilangsungkan pada Senin (25/1) lalu, tidak berdampak sama sekali pada kesehatan mereka.

Dengan keamanan vaksin tersebut, mereka berharap masyarakat nantinya tidak perlu khawatir jika nantinya divaksin. Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan bahwa pascavaksinasi baik setelah setengah jam sampai sekarang, dirinya tidak merasakan dampak negatif. 

"Sama sekali tidak ada persoalan yang muncul. Saya tidak merasakan dampak negatif apapun. Apakah pusing atau panas, tidak ada sama sekali,"tegas Wakil Bupati pada Rabu (27/1).

Dijelaskan oleh Sadewo, dengan demikian masyarakat yang nantinya akan divaksin, tidak perlu khawatir.

"Warga tidak usah takut atau khawatir, karena vaksin Sinovac aman. Tidak ada ekses negatif yang ditimbulkan. Jangan takut vaksin, supaya Covid-19 cepat pergi," jelasnya.

Sementara dalam testimoninya, Kepala Kejari Purwokerto Sunarwan juga menyatakan bahwa tidak ada efek samping yang ditimbulkan setelah dirinya mengikuti vaksinasi pada Senin lalu. 

"Setelah mengikuti vaksinasi, saya tidak merasakan dampak negatif sama sekali. Sehingga kalau ada berita-berita miring mengenai vaksin di luaran, saya kira itu tidak benar. Sebab, saya sudah merasakan  vaksin dan tidak berdampak sama  sekali. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu takut," ujarnya.

baca juga: Tenaga Medis di Pidie Jangan Takut Divaksin

Testimoni lainnya disampaikan oleh guru besar Fakultas Hukum Unsoed Prof Hibnu Nugroho yang diundang sebagai tokoh masyarakat di Banyumas untuk ikut program vaksinasi pada Senin silam. 

"Saya sudah disuntik vaksin dan tidak ada pengaruh apapun. Tidak sakit, demam tidak ada, mual tidak ada, makan juga enak, tidur juga nyenyak. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, karena vaksin itu baik," ungkap Hibnu.

Wakil Ketua MUI Banyumas Ridwan mengatakan bahwa setelah dirinya divaksin, tidak merasakan pengaruh terhadap kesehatannya. 

"Vaksin ini aman secara medis dan halal secara syari," tandasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT