26 January 2021, 17:12 WIB

Polri Tegaskan Tak Ada Pati Jenderal yang Menganggur


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

MI/M IRFAN
 MI/M IRFAN
Gedung Mabes Polri Jalan Trunojoyo 1 Jakarta.

POLRI menyatakan bahwa tidak ada perwira tinggi (Pati) yang telah menyandang pangkat jenderal berbintang di insitusi kepolisian yang menganggur alias tak punya kerjaan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menuturkan  seluruh jajaran personel Polri mendapatkan posisinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan divisi atau organisasi.

"Tidak ada bicara perwira yang nganggur, tidak ada. Seluruh perwira mendapatkan posisinya walaupun dengan sebagai analis kebijakan," ucap Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/1).

Rusdi menyebut analis kebijakan juga merupakan penempatan posisi bagi Pati Polri yang memiliki tugasnya tersendiri.

Ia menegaskan bahwa posisi tersebut memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing.

Baca juga: Polisi Tangkap Joki Begal Perwira Marinir

"Kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka akan senantiasa dikoordinir oleh satu kepala satuan kerja dimana perwira itu berada," terangnya.

"Jadi tidak ada istilahnya perwira nganggur, tidak ada di kepolisian," tambahnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis pernah menyinggung kelebihan personel di tubuh Polri pada Oktober 2020. Azis mengakui bahwa pihaknya surplus personel di tingkat pati dan perwira menengah pada pangkat Kombes.

Bahkan, dalam pangkat Kombes,, angka surplusnya mencapai 288. Sementara level pati memiliki  surplus 213 anggota. (OL-4)

BERITA TERKAIT