26 January 2021, 16:00 WIB

Ujaran Rasial, Bareskrim Cecar Ketua Projamin 25 Pertanyaan


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

MI/Rommy Pujianto
 MI/Rommy Pujianto
Natalius Pigai.

TIM penyidik Siber Bareskrim memeriksa Ketua Umum Pro Jokowi-Amin (Projamin) Ambroncius Nababan terkait ujaran rasial yang dilontarkannya terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Ambroncius dicecar sebanyak 25 pertanyaan saat diperiksa oleh penyidik di gedung Bareskrim Polri, Senin (26/1).

"Penyidik memberikan pertanyaan sebanyak 25 pertanyaan dan semalam yang bersangkutan sudah kembali ke kediaman," ucap Karo Penmas Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/1).

"Tentu ke depan penyidik akan menangani masalah ini secara profesional dan akuntabel," tambahnya. Ke depan, lanjut Rusdi, penyidik akan terus mengumpulkan bukti-bukti dan memeriksa saksi terkait kasus ujaran rasial tersebut.

"Semua sedang proses nanti tentu penyidik akan mengumpulkan bukti-bukti dari kejadian tersebut dan akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan saksi ahli," terangnya.

Sebelumnya, Ambroncius mengakui bahwa dirinya ialah pemilik akun Facebook yang mengunggah foto kolase Natalius Pigai dengan potrait gorila. Ambroncius mengaku dirinya melakukan perbuatan tak terpuji tersebut sebagai bentuk kritik terhadap pernyataan Natalius yang menolak vaksin covid-19 Sinovac.

"Saya akui itu posting-an saya dan sebenarnya gambar itu saya kutip, saya copas (copy paste)," paparnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT