23 January 2021, 19:15 WIB

Kabareskrim akan Ditentukan Usai Listyo Dilantik Jadi Kapolri


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

Antara/Galih Pradipta
 Antara/Galih Pradipta
Komjen Listyo Sigit Prabowo di sidang Paripurna DPRyang menyetujui penunjukannya sebagai Kapolri

POLRI sejauh ini belum mencari pengganti Kabareskrim Komjen Sigit Listyo Prabowo setelah dirinya resmi ditunjuk sebagai Kapolri. 

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, menyebut pihaknya baru akan mengumumkan siapa yang akan menjabat sebagai Kabareskrim usai Listyo dilantik jadi Kapolri. 

“Nanti setelah pak Sigit dilantik jadi Kapolri,” ujar Argo, Sabtu (23/1). 

Adapun sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan hingga saat ini belum ada nama-nama yang masuk ke dalam daftar calon Kabareskrim. 

Rusdi tidak menampik kemungkinan terjadinya kekosongan jabatan Kabareskrim untuk sementara waktu.

Baca juga : Pelantikan Listyo Sigit Direncanakan Pekan Depan

“Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Pengangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Wanjakti yang akan memproses itu semua," tutur Rusdi

Maka, untuk sementara Bareskrim akan dipimpin oleh Wakil Kepala Bareskrim. “Semua aktivitas sehari-hari tetap berjalan. Tidak ada masalah,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry menyampaikan bahwa Komisi III DPR RI memutuskan secara mufakat menyetujui usulan Presiden Jokowi mengenai calon Kapolri.

"Dengan demikian, berdasarkan pertimbangan dan catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi. Akhirnya pimpinan dan anggota komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," ucapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT