21 January 2021, 14:49 WIB

Bareskrim Pasti Tindak Lanjuti Rekomendasi Komnas HAM


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

DOK MI.
 DOK MI.
Bareskrim Polri.

BARESKRIM Polri pasti menindaklanjuti rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait tewasnya anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI). Hal itu menanggapi pernyataan calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengatakan akan menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM tersebut.

"Rekomendasi pasti ditindaklanjuti," papar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada Media Indonesia, Kamis (21/1). Meski begitu, Andi menyebut pihaknya masih belum menerima surat rekomendasi tersebut.

"Penyidik belum terima (rekomendasi dari Komnas HAM)," ungkapnya. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis membentuk tim khusus yang terdiri dari Bareskrim, Divpropam, dan Div Hukum Polri untuk merespons temuan Komnas HAM terkait tewasnya enam anggota Laskar FPI di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut nanti tim khusus tersebut akan melakukan penilaian terkait administrasi dan tindakan yang dilakukan penyidik dalam mengusut insiden tersebut.

"Polri kan juga sedang proses sidik kasus penyerangan terhadap petugas Polri. Tim gabungan akan asesmen berkaitan dengan administrasi dan tindakan yang dilakukan oleh penyidik dalam melakukan penyidikan kasus tersebut," ujar Argo, Sabtu (9/1). (OL-14)

BERITA TERKAIT