15 January 2021, 16:46 WIB

Penembakan Anggota FPI, Polri masih Tunggu Rekomendasi Komnas HAM


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

ANTARA/Fakhri Hermansyah
 ANTARA/Fakhri Hermansyah
Bareskrim Polri.

KEPOLISIAN RI akan menindaklanjuti kasus penyerangan FPI terhadap polisi di KM 50 Jakarta-Cikampek, usai menerima rekomendasi Komnas HAM. Pasalnya, sejauh ini rekomendasi Komnas HAM belum diterima oleh penyidik Bareskrim.

"Saat ini rekomendasi tersebut sudah diserahkan kepada Presiden dengan didampingi oleh Menko Polhukam," ungkap Kabag Penum  Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/1).

Sebelumnya, Bareskrim Polri menyatakan akan menerima hasil temuan dari penyelidikan Komnas HAM terkait penembakan Laskar FPI oleh polisi di Tol Jakarta-Cikampek.

Hingga kini, Polri masih menunggu Komnas HAM tentang temuan penyelidikan dan investigasi tersebut akan diberikan kepada polisi.

Komnas HAM membeberkan tewasnya empat dari enam anggota laskar FPI itu merupakan pelanggaran HAM. Sebab, keempatnya tewas ketika sudah dalam penguasaan aparat kepolisian.

Karena itu, Komnas HAM merekomendasikan agar kepolisian mengusut kematian empat laskar FPI ke pengadilan pidana. (OL-14)

BERITA TERKAIT