26 November 2020, 21:36 WIB

Vaksin Pfizer Mulai Didaftarkan di Brasil


Nur Aivanni | Internasional

AFP/JOEL SAGET
 AFP/JOEL SAGET
Ilustrasi vaksin yang diproduksi Pfizer.

PFIZER pada Rabu (25/11), mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan hasil tes vaksin covid-19 kepada kantor regulator kesehatan Brasil. Itu merupakan langkah yang diperlukan untuk menyetujui dan mendaftarkan vaksin tersebut.

"Ini merupakan langkah penting agar vaksin dapat tersedia di Brasil," kata Pfizer dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Portugis.

Brasil memiliki angka kematian akibat covid-19 tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat. Negara dengan populasi 212 juta tersebut telah mencatat lebih dari enam juta kasus virus korona baru sejak pandemi dimulai.

Hasil klinis dari studi Fase 3 vaksin BNT162b2, yang dikembangkan oleh Pfizer dan perusahaan farmasi Jerman BioNTech, dimulai pada bulan Juli dan melibatkan 43.661 peserta di 150 tempat di seluruh dunia. Di Brasil, kata perusahaan tersebut, ada 2.900 relawan.

Baca juga: Mayoritas Masyarakat Bersedia Divaksinasi

Perwakilan Pfizer dan Badan Pengawas Kesehatan Nasional Brasil (ANVISA) bertemu pada Rabu untuk memulai proses presentasi hasil.

Untuk mempersingkat prosesnya, ANVISA mengatakan bahwa laboratorium yang mengembangkan vaksin dapat mempresentasikan hasil saat sudah tersedia.

Pfizer mengatakan pihaknya mengharapkan untuk menyajikan informasi terkait vaksin secara bertahap, termasuk data yang menunjukkan tingkat efisiensi 95 persen tujuh hari setelah mendapat dosis kedua, seperti yang ditunjukkan dalam uji klinis Fase 2. (AFP/R-3)

BERITA TERKAIT