26 November 2020, 17:40 WIB

Debat Pilgub Kalsel Kupas Isu SDA, Infrastruktur, dan Kesehatan


Denny Susanto | Pilkada

MI/Denny Susanto
 MI/Denny Susanto
Debat terakhir Pilgub Kalsel membahas isue SDA, Infrastruktur, dan Kesehatan

DEBAT putaran terakhir pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan antara Sahbirin Noor-Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi akan digelar KPU Kalsel pada Sabtu (28/11) malam.

Debat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI Kalsel banyak menarik perhatian masyarakat karena membahas topik panas terkait isu sumber daya alam, insfrastrur, dan kesehatan.

"Ada dua hal yang hilang dari kepemimpinan di Kalsel, yakni rasa keadilan dan amanah. Ini yang menjadi sebab lahirnya kebijakan kolutif dalam aspek sumber daya alam yang menyengsarakan masyarakat," tegas Denny Indrayana, Kamis (26/11), menanggapi tema debat Pilgub putaran terakhir ini.

Isu SDA jadi perhatian publik, terkait berbagai masalah terutama eksploitasi yang berdampak pada kerusakan lingkungan dan tak menghadirkan kemakmuran bagi seluruh masyarakat. Bahkan Wakil Ketua KPK periode 2011-2015 Bambang Widjojanto menyebut Kalsel menempati peringkat terburuk dalam korupsi SDA.

Demikian juga infrastruktur,  menjadi sorotan karena masih banyaknya daerah yang belum terhubung akses jalan, rusaknya jalan, dan jembatan  akses ekonomi masyarakat. Demikian pula fasilitas gedung sekolah, puskesmas, dan lainnya. Di bidang layanan kesehatan, masih menjadi persoalan sensitif karena banyak warga tak tersentuh layanan optimal.

Pada debat Pilgub sebelumnya Denny Indrayana, mengomentari tentang kesalahan dalam tata kelola kekayaan sumber daya alam jadi sebab tak hadirnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Terkait pengelolaan SDA, mantan staf khusus Presiden SBY Bidang Pemberantasan Mafia Hukum dan HAM ini, bertekad mempercepat terbitnya Peraturan Daerah RTRW Provinsi Kalsel yang direvisi, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Termasuk komitmen nyata merealisasikan program perlindungan dan penyelamatan Kawasan Pegunungan Meratus,  mendorong percepatan pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat di Kalsel. (OL-13)

Baca Juga: Survei LSI Network: Paslon NasDem di Pilkada Cianjur Unggul

 

BERITA TERKAIT