26 November 2020, 12:47 WIB

Perlu Kerja Ekstra Bangkitkan Kembali Kabupaten Tanah Bumbu


Denny Susanto | Nusantara

MI/Denny Susanto
 MI/Denny Susanto
Calon Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar saat membantu petugas kesehatan memeriksa kesehatan warga Tanah Bumbu, Kalsel.

PEMERINTAH Kabupaten Tanah Bumbu hasil Pilkada nantinya dihadapkan pada permasalahan yang memerlukan kerja ekstra guna membangkitkan kembali kabupaten hasil pemekaran ini. Kondisi kabupaten termuda yang kaya sumber daya alam di Kalimantan Selatan terus mengalami kemunduran.

"Kondisi Tanah Bumbu saat ini dapat bilang mengalami kemunduran. Dulu kabupaten ini pernah menyandang predikat kabupaten pemekaran terbaik sehingga disebut bayi ajaib oleh pemerintah pusat. Kini fakta di lapangan angka kemiskinan Tanah Bumbu tertinggi di Kalsel, pertumbuhan ekonomi nomor dua paling rendah dan angka pengangguran juga nomor dua terbanyak di Kalsel," ungkap Zairullah Azhar, mantan anggota DPR RI yang kini menjadi calon Bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024, Kamis (26/11).

Zairullah yang pernah menjadi Penjabat Bupati dan Bupati periode 2003-2010 ini mengatakan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ke depan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang memerlukan kerja ekstra untuk membangun dan membangkitkan kembali kabupaten ini agar bisa bersaing dengan kabupaten lain di Indonesia.

Terlebih dengan situasi ekonomi global, ekonomi nasional dan daerah yang kurang begitu bagus serta dampak pandemi covid -19 begitu luas, memerlukan sebuah konsep pembangunan jelas didukung tata kelola pemerintahan yang baik. 

"Kami optimistis lewat visi misi pembangunan maupun pengalaman kami sebagai bupati sebelumnya, kami dapat memajukan kabupaten ini," ujarnya.

Lewat empat program pembangunan unggulannya Zairullah Azhar yang berpasangan dengan Muhammad Rusli (ZR) mempunyai keinginan menjadikan Tanah Bumbu sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kalsel dan memainkan peran penting bagi keberadaan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur di masa datang.

baca juga: Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

Hasudungan, salah seorang tokoh pemekaran Tanah Bumbu mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berpengalaman guna mengembalikan kejayaan kabupaten berjuluk Bumi Bersujud.Pada bagian lain tiga paslon yang akan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu masing-masing Paslon 01 SHM-MAR, Paslon 02 Mila Karmila-Zainal Arifin dan Paslon 03 Zairullah Azhar-Muhammad Rusli akan mengikuti debat Pilkada putaran dua pada 30 November mendatang. Pantauan mediaindonesia.com, suasana politik Pilkada Tanah Bumbu paling hangat dibandingkan enam kabupaten/kota dan Pilgub di Kalsel. (OL-3)

BERITA TERKAIT