26 November 2020, 12:31 WIB

Korsel Catat Kasus Covid-19 Harian Tertinggi Sejak Maret


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AFP/Ed JONES
 AFP/Ed JONES
Warga mengenakan masker saat berjalan di Seoul, Korsel.

KOREA Selatan (Korsel) melaporkan 583 kasus covid-19 baru pada Kamis (26/11) ketika negara itu tengah menghadapi gelombang infeksi ketiga yang memaksa 'Negeri Ginseng' itu untuk memberlakukan kembali kebijakan social distancing yang sulit.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KDCA) mengatakan penambahan jumlah infeksi hingga melebihi 500 kasus itu merupakan yang tertinggi sejak 6 Maret lalu.

Otoritas kesehatan telah memperingatkan gelombang saat ini mungkin lebih sulit dikendalikan dibandingkan infeksi sebelumnya karena sebagian besar gelombang kedua terjadi di kantor, sekolah, gym, dan pertemuan kecil di komunitas umum yang lebih luas di sekitar Seoul.

Baca juga: Kolombia Perpanjang Pembatasan Covid-19 hingga Akhir Februari

Menteri Kesehatan Korsel Park Neung-hoo menyatakan keprihatinannya bahwa tingkat pasien yang dikonfirmasi berusia 20 hingga 30 tahunan telah melonjak menjadi 28% dari total kasus selama sebulan terakhir.

"Covid-19 telah tiba tepat di samping Anda dan keluarga Anda," katanya dalam sebuah pertemuan.

"Kita berada dalam situasi di mana tidak aneh sama sekali jika ada yang tertular virus dalam kehidupan sehari-hari kita," tandasnya. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT