26 November 2020, 02:18 WIB

TPS di Zona Merah Poso Dapat Pengamanan Khusus


M Taufan SP Bustan | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi

KEPOLISIAN Resort (Polres) Poso, Sulawesi Tengah, telah memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dianggap rawan terjadinya gangguan keamanan karena masuk zona merah.

Kapolres Poso AKB Rentrix Riyaldi mengatakan dari hasil pemetaan yang sudah dilakukan memang terdapat beberapa TPS yang dikategorikan rawan masalah keamanan karena masuk zona merah.

"Pokoknya TPS yang masuk wilayah operasi Tinombala itu masuk kategori rawan. Mulai dari wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Poso Pesisir Utara, hingga Kecamatan Lore Bersaudara," ungkapnya, Rabu (25/11).

Karena dikategorikan rawan terjadi gangguan keamanan terlebih di daerah tersebut tengah dilangsung operasi perburuan teroris, Polres Poso akan memberikan pengamanan khusus di TPS yang dibangun di sejumlah wilayah tersebut.  

"Kita tidak bisa sampaikan berapa personel akan ditaruh di masing-masing TPS. Yang pasti di sana nanti ada pengamanan khusus," tegas Rentrix.

Ia menambahkan, bahwa dalam pengamanannya nanti Polres Poso Kota akan berkoordinasi dengan Satgas Tinombala yang terdiri dari gabungan TNI dan Polri. "Koordinasi akan tetap dilakukan karena nanti Satgas Tinombala juga akan membackup personel kami di lapangan," tandasnya.  

Wilayah Poso menjadi salah satu kabupaten di Indonesia, yang dikategorikan wilayah rawan terjadi gangguan keamanan saat Pilkada 2020. Hal tersebut dikarenakan wilayah Poso hingga kini masih dijadikan pusat perburuan teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Ali Kalora. (R-1)

BERITA TERKAIT