25 November 2020, 18:19 WIB

Covid-19 Belum Usai, Jepang Temukan Kasus Flu Burung


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AFP
 AFP
Ilustrasi peternakan ayam.

PEMERINTAH Jepang mendeteksi wabah flu burung di sebuah peternakan ayam yang berlokasi Prefektur Fukuoka. Adapun delapan kasus serupa juga dilaporkan di Prefektur Kagawa.

Gelombang flu burung yang dimulai awal November, terbukti menjadi yang terburuk dalam empat tahun terakhir. Bahkan, bisa dikatakan penyebaran virus cukup serius untuk pertama kali dalam dua tahun.

"Kasus kesembilan dari avian influenza yang sangat patogen telah dikonfirmasi," jelas Kepala Juru Bicara Pemerintah Jepang Katsunobu Kato dalam pertemuan rutin.

"Tim investigasi epidemiologi yang terdiri dari pejabat Kementerian Pertanian dan ahli epidemiologi berencana melakukan investigasi terkait jalur penularan," imbuh Kato.

Baca juga: Ilmuwan Jepang Beralih ke Ulat Sutera untuk Vaksin Covid-19

Berdasarkan laporan, sekitar 93.500 ayam di sebuah peternakan di Kota Munakata, wilayah Prefektur Fukuoka, akan dimusnahkan. Sementara itu, lebih dari 1,3 juta ayam di Prefektur Kagawa telah dimusnahkan pada bulan ini.

Wabah flu burung terakhir melanda Jepang pada Januari 2018. Saat itu, otoritas Jepang memusnahkan 91 ribu ayam di Prefektur Kagawa.

Wabah besar terakhir terjadi pada November 2016-Maret 2017. Diketahui, 1,67 juta ayam dimusnahkan akibat flu burung strain H5N6.(CNA/OL-11)

 

BERITA TERKAIT