25 November 2020, 12:54 WIB

Dua Kasus Covid-19 di Tianjin Disebut Berasal dari Kepala Babi


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AFP/STR
 AFP/STR
Laboran menangani sampel tes covid-19 di Tianjin, Tiongkok.

SEORANG pejabat dari Kota Tianjin, Tiongkok, mengungkapkan dua kasus covid-19 yang dikonfirmasi bulan ini merupakan virus yang berasal dari kepala babi asal Amerika Utara.

Pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tianjin Zhang Ying mengatakan pihak berwenang belum menguji kepala babi tersebut. Namun, sampel yang diambil dari tempat kepala babi itu diletakkan saat dipindahkan dari tempat penyimpanan, dinyatakan positif untuk jenis virus yang sama dengan dua kasus yang dikonfirmasi. Dua orang tersebut berkaitan erat dengan kepala babi.

Otoritas Tianjin, sebelumnya, mengatakan, awal bulan ini, mereka akan melakukan tes pada beberapa fasilitas penyimpanan beku dan para karyawannya, setelah ditemukan satu kasus covid-19 yang melibatkan seorang pekerja yang menangani daging babi beku yang diimpor dari Jerman.

Baca juga: New South Wales akan Perlonggar Pembatasan Covid-19

Tiongkok mengatakan telah berulang kali mendeteksi virus dalam daging dan kemasan impor.

Tiongkok mencatat lima kasus baru covid-19 pada Selasa (24/11), turun dari 22 pada hari sebelumnya.

Komisi Kesehatan Nasional menyatakan semua kasus baru adalah infeksi impor yang berasal dari luar negeri. Komisi tersebut juga melaporkan enam kasus asimtomatik baru, yang tidak diklasifikasikan oleh Tiongkok sebagai kasus yang dikonfirmasi.

Jumlah total kasus covid-19 yang dikonfirmasi di daratan Tiongkok sekarang mencapai 86.469 kasus, sedangkan jumlah kematian mencapai 4.634 orang. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT