25 November 2020, 11:55 WIB

Wagub DKI Pastikan Bansos Diperpanjang Hingga Tahun Depan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/Dhemas Reviyanto
 ANTARA/Dhemas Reviyanto
Warga membawa Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemprov DKI Jakarta untuk penanganan COVID-19 di kawasan Jatinegara, Jakarta.

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, atau yang akrab disapa Ariza, menegaskan pihaknya masih akan memperpanjang pemberian bantuan sosial (bansos) kepada keluarga yang terdampak covid-19 hingga tahun depan.

Sementara, untuk tahun ini, program bansos tersebut akan terus diberikan sampai akhir tahun.

Tahun ini, dalam pemberian bansos, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendistribusikan bansos kepada 2,4 juta KK.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, DPRD DKI Ingatkan Soal Prokes

Sebanyak 1,1 juta paket bansos didistribusikan Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya dan sisanya sebanyak 1,3 juta paket bansos didistribusikan Kemensos.

"Kita sudah sepakat bersama pemerintah pusat sampai Desember. Untuk tahun depan, Provinsi DKI Jakarta sudah menganggarkan untuk kepentingan bansos," kata Ariza di Balai Kota, Selasa (24/11).

Namun, ia menegaskan mekanisme dan bentuk bansos pada tahun depan masih akan didiskusikan kembali dengan pemerintah pusat melalui Kemensos.

"Teknis dan detailnya tentu kita akan rapatkan, dialogkan dengan pemerintah pusat bagaimana baiknya tahapan berikutnya. Apakah tahapan sama seperti yang selama ini, besaran sama, apakah isi sama atau bagaimana kita diskusikan dengan pemerintah pusat atau dalam hal ini Pak Mensos," terangnya.

Sebelumnya, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyebut Pemprov DKI Jakarta mengajukan dana Belanja Tak Terduga (BTT) untuk penanggulangan covid-19 untuk tahun angaran 2021 sebesar Rp5 triliun.

Anggaran tersebut digunakan untuk menjaga kualitas sumber daya kesehatan dalam penanggulangan covid-19 serta untuk anggaran bansos kepada warga terdampak covid-19. (OL-1)

BERITA TERKAIT