24 November 2020, 10:42 WIB

Tiongkok Segera Izinkan Tim Internasional Selidiki Asal Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Hector RETAMAL
 AFP/Hector RETAMAL
Pedagang menawarkan udang di pasar di Wuhan, Tiongkok. Pasar basah di Wuhan disebut sebagai asal covid-19.

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), Senin (23/11), mengatakan telah mendapatkan jaminan dari Beijing bahwa tim internasional akan bisa melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk menyelidiki binatang yang menjadi asal covid-19.

"Kami telah mendapatkan jaminan dari pemerintah Tiongkok bahwa mereka akan memfasilitasi kunjungan ke lapangan sesegeram mungkin," kata Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan dalam konferensi pers virtual.

"Kita harus bisa mengirimkan tim internasional ke Tiongkok untuk melihat hasil penelitian tim Tiongkok dan memverifikasi data itu di lapangan," imbuhnya.

Baca juga: Queensland akan Cabut Pembatasan Perjalanan ke NSW dan Victoria

Ryan memuji penyelidikan ilmiah yang dilakukan pemerintah Tiongkok namun dia bersikeras tim internasional harus diizinkan datang ke 'Negeri Tirai Bambu' itu agar komunitas internasional bisa memastikan kualitas penyelidikan yang dilakukan.

"Hal itu sangat penting," tegas Ryan.

WHO, selama empat bulan terakhir, berusaha mengirimkan tim internasional yang terdiri dari epidemiologis dan ahli kesehatan binatang ke Tiongkok untuk membantu menyelidiki hewan yang menjadi awal pandemi covid-19 dan bagaimana virus itu bisa menyeberang dari hewan ke manusia.

Ilmuwan, awalnya, menduga virus covid-19 berpindah dari binatang ke manusia di sebuah pasar yang menjual binatang eksotik untuk dimakan di Wuhan, kota tempat covid-19 pertama kali terdeteksi pada tahun lalu.

Namun, para pakar kini merasa pasar itu bukan awal wabah covid-19 namun tempat tempat penyakit itu berlipat ganda.

Covid-19 diduga ditularkan oleh kelelawar. Namun, binatang perantara antara kelelawar dan manusia masih belum diketahui. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT