23 November 2020, 09:51 WIB

Politisi NasDem Mengaku Ngeri dengan Anies


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

POLITISI NasDem Irma Suryani Chaniago mengaku ngeri dengan sepak terjang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu dikatakan Irma setelah melihat foto Anies yang beredar di media daring sembari memegang sebuah buku berjudul How Democracies Die.

"Foto itu mengingatkan saya pada bagaimana kursi gubernur DKI dimenangkan," ungkap Irma dalam keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Senin (23/11).

"Saya menjadi sadar bahwa apa yang terjadi di Pilkada DKI dengan penggunaan umat dan agama untuk membunuh lawan politik dan memenjarakannya dengan tuduhan SARA mungkin bersumber dari inspirasi strategis yang ada di buku itu," lanjutnya.

Baca juga: Bawaslu Sebut Pengawasan Kampanye di Medsos Tugas Bersama

Irma kemudian mengatakan dirinya tidak bisa membayangkan apa yang akan dilakukan Anies dalam upaya merebut kursi Indonesia 1 berbekal buku itu.

"Membayangkan apa yang bakal dilakukan Anies untuk merebut kursi Indonesia 1, saya ngeri. Pasalnya, bukan tidak mungkin lawan politiknya akan dijatuhkan dengan menggunakan isu SARA dan tekanan umat seperti saat memenangkan DKI 1. Jika itu terjadi lagi, bukan saja demokrasi yang meninggal dunia tapi saya pastikan rezim otoriter akan lahir," papar Irma.

"Entah mengapa melihat buku di tangan sang gubernur membuat saya bergidik ngeri membayangkan peristiwa politik apa lagi yang bakal terjadi pada 2024 yang akan datang terhadap demokrasi di Indonesia," pungkasnya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT