22 November 2020, 06:21 WIB

76 Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh, Positif Bertambah 33 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Dua warga mengenakan masker beraktivitas di Alun-Alun Klaten.

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (21/11), kembali melonjak. Kasus terkonfirmasi positif baru bertambah 33 orang. Namun, kali ini, terdapat 76 pasien sembuh dan empat meninggal dunia.

Dengan penambahan 33 kasus positif baru, jumlah akumulatif pasien covid-19 di Klaten kini menjadi 1.498 orang, dengan 1.117 di antaranya sembuh, 326 sedang dirawat, dan meninggal dunia 55 orang.

Penambahan kasus positif dari Kecamatan Klaten Selatan (9), Klaten Tengah (2), Tulung (1), Trucuk (6), Pedan (1), Kalikotes (2), Cawas (1), Juwiring (2), Klaten Utara (3), Wedi (1), Karanganom (1).

Baca juga: Polsek Paga Gencarkan Edukasi Prokes

Empat orang yang meninggal dunia, tiga dari penambahan kasus positif baru. Mereka warga Kecamatan Ceper, Bayat, dan Delanggu. Dan, satu pasien asal Ceper yang tengah dirawat.

Dari penambahan 33 orang terkonfirmasi positif, delapan terpapar saat beraktivitas di Klaten, tiga dimungkinkan terinfeksi di luar daerah, dan 22 orang lainnya kontak erat kasus positif sebelumnya.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Klaten Cahyono Widodo mengatakan tujuh positif baru kini dirawat di rumah sakit. Sedangkan lainnya isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis.

Sebanyak 76 pasien positif yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang adalah warga asal 15 kecamatan di Klaten, yaitu Juwiring (1), Cawas (2),  Karanganom (5), Wonosari (1), dan Kecamatan Bayat (8).

Kemudian, Kecamatan Pedan (10), Delanggu (1), Jatinom (4), dan Klaten Utara (1), Kalikotes (1), Ceper (2), Manisrenggo (2), Klaten Tengah (2), Klaten Selatan (33), dan Kecamatan Ngawen (33).

"Sekalipun pasien itu sudah dinyatakan sembuh, mereka tetap diharuskan isolasi mandiri tambahan di rumah masing-masing minimal selama tujuh hari, agar benar-benar sehat," kata Cahyono Widodo.

Saat ini, Klaten berstatus zona merah covid-19. Karena itu, masyarakat diimbau meningkatkan kesadaran dan disiplin menaati 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. (OL-1)

BERITA TERKAIT