16 September 2020, 16:30 WIB

Rp240,9 Triliun Anggaran Covid-19 Sudah Tersalur


Andhika Prasetyo | Humaniora

Ilustrasi
 Ilustrasi
Anggaran covid-19

PEMERINTAH telah menggelontorkan anggaran penanganan covid-19, baik untuk kesehatan maupun ekonomi, sebesar Rp240,9 triliun dari total dana yang disediakan mencapai Rp695 triliun.

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jumlah tersebut naik 30% dari realisasi penyaluran pada akhir Juli yang kala itu baru sebesar Rp140,4 triliun.

Dengan stimulus sebesar itu yang diberikan kepada masyarakat, ia masih menyimpan keyakinan bahwa Indonesia bisa terselamatkan dari jurang resesi.

"September ini merupakan akhir dari kuartal ketiga. Sesuai arahan Bapak Presiden pertumbuhan ekonomi sebisa mungkin ada di kisaran yang sama dengan capaian kuartal ketiga tahun lalu," ujar Heru di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (16/9).

Baca juga : Kemenkes-UNICEF Teken Kerja Sama Pengadaan Vaksin Terjangkau

Secara rinci, ia menjabarkan progres penyaluran di empat sektor yang menjadi tanggung jawab Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

Untuk program perlindungan sosial, dana yang sudah terdistribusi mencapai Rp120,36 triliun atau 60% dari target Rp203,9 triliun.

"Ini adalah yang paling besar pencapaiannya karena memang menjadi salah satu fokus pemerintah," ucap Heru.

Sektor selanjutnya adalah stimulus bagi UMKM. Dari pagu yang disiapkan Rp123,47 triliun, pemerintah telah menggelontorkan sebesar Rp58,67% atau 47,52%.

Kemudian di sektor kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, realisasi penyaluran baru Rp26 triliun atau 24,46% dari total anggaran Rp106 triliun.

Yang terakhir adalah pembiayaan bagi koperasi. Saat ini, pemerintah belum mulai menyalurkan namun diharapkan, pada akhir September, program sudah berjalan dan langsung tersalur sebesar Rp53,6 triliun. (OL-2)

BERITA TERKAIT