05 August 2020, 19:55 WIB

KPK Eksekusi Mantan Direktur Pemasaran PTPN III


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

MI/Bary Fatahilah
 MI/Bary Fatahilah
Mantan Direktur Pemasaran PTPN III  I Kadek Kertha Laksana saat diperiksa KPK, 2019 silam

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Direktur Pemasaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III? yakni I Kadek Kertha Laksana. Terpidama kasus suap distribusi gula impor itu dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Surabaya untuk menjalani kurungam 4 tahun setelah proses hukumnya inkrah.

"Jaksa KPK memasukkan yang bersangkutan ke LP Klas I Surabaya untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurangi masa penahanan yang dijalani," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (5/8).

Eksekusi tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor: 02/Pid.Sus/TPK/2020/PN.Jkt.Pst tertanggal 3 Juni 2020.

Dalam putusannya, pengadilan menyatakan I Kadek bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama menerima suap terkait distribusi gula di PTPN III pada 2019. Ia juga dijatuhi membayar denda senilai Rp200 juta subsider 2 bulan penjara.

Baca juga : KPK Sebut Kepala Dinas Kerap Jadi Timses Bayangan saat Pilkada

I Kadek terbukti menjadi perantara suap senilai Sin$345.000 (setara Rp3,55 miliar) untuk mantan Dirut PTPN III Dolly Parlagutan Pulungan. Suap itu berasal dari pengusaha Pieko Nyotosetiadi.

Ali Fikri mengatakan komisi antirasuah juga mengembalikan barang bukti kepada I Kadek lantaran putusan pengadilan menyatakan barang yang disita tidak berkaitan dengan perkara.

Barang yang dikembalikan yakni sebuah dompet berwarna coklat yang berisi uang pecahan US$10.000 dan uang pecahan rupiah senilai Rp10 juta. Kemudian, satu buah kartu ATM BNI Platinum Debit, satu amplop berwarna putih berisi uang Sin$10.000. (OL-7)

BERITA TERKAIT