05 August 2020, 19:47 WIB

Menkeu Kaji Bansos buat Pekerja Berpendapatan di Bawah Rp5 Juta


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

Antara
 Antara
Menkeu Sri Mulyani

PEMERINTAH tengah mengkaji soal dukungan berupa tambahan pendapatan atau bantuan sosial kepada 13 juta pekerja berpendapatan di bawah Rp5 juta.

"Sedang dikaji untuk memberikan bantuan kepada 13 juta pekerja yang memiliki pendapatan di bawah Rp5 juta. Ini diperkirakan akan memakan anggaran Rp31,2 triliun," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8).

Tujuan dari bantuan tersebut, kata perempuan yang karib disapa Ani itu ialah agar daya beli masyarakat dapat meningkat dan mendorong tingkat konsumsi. Selain itu, bantuan tersebut merupakan cara pemerintah untuk mempercepat akselerasi penyerapan anggaran sebesae Rp695,20 triliun dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga : BI: Kondisi Makroekonomi dan Sistem Keuangan Terjaga Baik

"Ini diharapan beberapa bulan ke depan akan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, sehingga terus mendorong ekonomi kita. Kita akan terus lakukan perbaikan policy," pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat konsumsi rumah tangga pada triwulan II 2020 anjlok ke angka -5,51%. Pertumbuhan minus konsumsi rumah tangga itu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi -5,32% lantaran konsumsi rumah tangga merupakan salah satu pengungkit perekonomian nasional terbesar. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT