05 August 2020, 19:35 WIB

Selain Plt Wali Kota Medan, Sejumlah Kadis Positif Covid-19


Yoseph Pencawan | Nusantara

Dok MI
 Dok MI
Ilustrasi

TIDAK hanya pelaksana tugas wali kota, sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Medan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi tidak membantah adanya lebih dari satu orang kepala dinas di Pemkot Medan yang terkonfirmasi positif. "Beberapa kepala dinas juga ada yang terkonfirmasi positif," ujarnya kepada wartawan, Rabu (5/8).

Namun Edwin tidak bersedia menyebutkan siapa saja mereka yang terkonfirmasi positif tersebut. Namun, berdasarkan informasi di lapangan, selain Plt Wali Kota, setidaknya ada dua pejabat Pemkot Medan lain yang terkonfirmasi positif.

Keduanya adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja Hannalore Simanjuntak dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Husni. Kendati demikian kabar ini masih membutuhkan konfirmasi lebih lanjut.

Berkali-kali ditanya wartawan, Edwin mengelak mengungkapkannya dengan alasan ia hanya memberikan keterangan mengenai kondisi Plt Wali Kota. Namun ia sempat mengakui bahwa Kadis Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Husni saat ini sedang dirawat di rumah sakit.

Ia juga tidak bersedia mengungkapkan secara keseluruhan hingga kini sudah berapa orang pejabat dan pegawai Pemkot Medan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia hanya mengatakan dari para pejabat dan pegawai yang terkonfirmasi positif ada yang masih dirawat, ada yang sudah selesai menjalani isolasi, ada yang sudah sembuh dan bertugas seperti biasa.

Edwin hanya memastikan pihaknya sedang menelusuri siapa saja yang pernah kontak erat dengan Plt wali kota dan beberapa kepala dinas tersebut. Khususnya dalam rentang waktu 5-10 hari sebelum timbulnya gejala Covid-19.

Sebelumnya, Edwin mengatakan Plt Wali Kota Akhyar Nasution terkonfirmasi positif Covid-19. Awalnya, Akhyar memiliki keluhan demam pada Senin (3/8) sore, dan setelah dilakukan pemeriksaan tes usap (swab), pada Selasa (4/8) pagi diketahui hasilnya positif. (OL-13)

BERITA TERKAIT