05 August 2020, 19:31 WIB

Polwan Bagikan Paket Sembako Bagi Lansia di Masa Pandemi Covid-19


Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
Anggota Polwan Polresta Tasikmalaya memakaikan masker kepada seorang lansia.

Anggota Polisi Wanita Polresta Tasikmalaya memberikan bantuan paket sembako kepada puluhan nenek dan kakek, lanjut usia pada masa pandemi Covid-19. Pemberian bantuan dilakukan di lokasi kawasan objek wisata Gunung Galunggung, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Selain pembagian paket sembako, anggota Polwan juga membagikan ribuan masker bagi masyarakat setempat untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus korona yang selama ini masih terus terjadi di Tasikmalaya. Para anggota Polwan dalam pembagian puluhan paket sembako tersebut, tetap menerapkan protokol kesehatan.

Brigadir Pepi Rohmini mengatakan, di masa pandemi Covid-19 dan menyambut hari ulang tahun ke-72 Polwan, Polresta Tasikmalaya menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya bantuan sosial (bansos) bagi nenek dan kakek (lansia) berupa paket sembako. Namun, dalam pembagian sembako tersebut mereka harus menerapkan protokol kesehatan yakni pemakaian masker.

Baca Juga: Jumlah Penerima Bansos Tahap II Kota Tasikmalaya Berkurang

"Memang selama ini masih banyak orangtua terutama lansia tak pernah memakai masker. Dengan adanya kegiatan tersebut mereka juga telah menerimanya untuk dipergunakan setiap hari. Kami, menyayangkan dengan penyebaran virus korona yang terjadi sekarang ditakutkan mereka mengalami sakit dan mudah-mudahan dengan memakai masker tersebut memutus mata rantai," katanya, Rabu (5/8/2020).

Pepi mengatakan, paket sembako yang telah diberikan kepada lansia berisikan beras, mi instan, kecap, sarden, minyak goreng, dan saus serta masker agar mereka tetap memakainya selama berada di luar rumah. Karena, kegiatan sosial yang diberikannya tersebut supaya dari mereka tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasa tapi kesehatan tersebut sangat penting.

"Alhamdulilah, bantuan yang diberikannya itu mudah-mudah bermanfaat bagi para Lansia karena mereka selama ini masih berkeinginan memberikan nafkah bagi cucunya. Kehadiran itu masih tetap bersemangat mendapatkan bantuan dan mereka juga sangat terharu usai menerimanya," ujarnya.

Seorang lansia, Ny Cucum, 68, warga Sukaratu mengatakan, paket sembako yang diberikan anggota Polwan hanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan selama ini belum menerima bantuan dari pemerintah daerah. Karena, selama ada penyakit yang mematikan di Indonesia belum pernah menerimanya.

"Kami memang mengharapkan ada bantuan dari pemerintah daerah tapi sekarang ini baru anggota Polwan dari Polresta Tasikmalaya ini lebih dahulu memberikan paket dalam kardus berisikan beras, minyak goreng termasuknya masker. Mudah-mudahan, bantuan yang telah diberikan ini akan dimanfaatkan untuk sehari-hari," paparnya. (Kristiadi/AD/OL-10)

BERITA TERKAIT