02 August 2020, 18:40 WIB

Setelah 40 Tahun, Warga Suak Labu Menikmati Daging Sapi Kurban


Solmi | Nusantara

stimewa/Kementan
 stimewa/Kementan
Ilustrasi Program Asuransi Ternak Sapi (AUTS) yang telah dilaksanakan secara nasional sejak Juni 2016.  

Suasana Hari Raya Idul Adha 1441 H di Desa Suak Labu, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi, lebih menggembirakan dari tahun-tahun sebelumnya.

Betapa tidak, setelah 40 tahun, baru pada Hari Raya Idul Adha tahun 2020 ini pemotongan sapi kurban. "Alhamdulillah, Hari Raya Idul Adha tahun ini terasa berbeda dan lebih semarak. Setelah 40 tahun, baru kali ada pemotongan hewan kurban berupa sapi. Dipotong Sabtu kemarin, lumayan besar sapinya, dagingnya dibagikan diantar langsung ke rumah warga," kata Kepala Desa Suak Labu, Ibrahim.

Lantaran merupakan sebuah peristiwa langka, kegiatan penyembelihan dan pemotong daging seekor ternah sapi bantuan hamba Allah yang diantar Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro, pada Kamis pekan lalu, antusias disaksikan warga. Namun karena ada protokol kesehatan, warga menjaga jarak dan menyaksikan dari kejauhan. "Kami tidak menyangka bakal ada penyembelihan sapi Idul Adha ini. Kami bersyukur kepada Allah, dan berterima kasih kepada pak polisi telah mengantarkan bantuan sapi untuk hewan kurban di desa kami yang terpencil," ujar seorang warga Suak Labu.

Menurut Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro, dialokasikannya satu ekor sapi buat sembelihan kurban di Desa Suak
Labu berangkat dari aspirasi yang dia himpun dari masyarakat saat pelaksanaan Program Sambang Desa ke berbagai desa pada Juni 2020 lalu. "Kalau sapinya adalah sumbangsih dari hamba Allah, kami dari Polres Tanjungjabung Barat diminta membantu menyalurkan ke masyarakat yang sangat membutuhkan. Tidak hanya ke Suak Labu, hari ini (2/8), kita juga dalam perjalanan membawa hewan kurban untuk warga desa lain yang dinilai membutuhkan," kata Guntur Saputro yang sepanjang Sabtu, rela jalan kaki dan berperahu membagikan daging kurban kepada warga Suak Labu.

Seekor ternak sapi kurban yang diantarkan dimaksud buat warga Parit Pasar Rebo, Dusun Perdana, Desa Pantai Gading, Kecamatan Bramitam Kanan, yang dikabarkan sekitar 60 tahun belum pernah menikmati penyembelihan sapi pada Hari Raya Idul Adha. Pemotongan dan pembagian daging sapi yang kurban dilaksanakan Minggu ini juga, di pelataran Masjid Al Istiqomah yang terbilang sebagai masjid tertua di Kabupaten Tanjungjabung Barat. (OL-12)
 

BERITA TERKAIT