02 August 2020, 15:28 WIB

Anji Unggah Video Obat Covid-19, Para Dokter Angkat Bicara


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Penyanyi Anji saat tampil dalam suatu acara.

MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau kerap disapa Anji, kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, dia menggunggah video terkait obat covid-19 dalam akun Youtube-nya.

Video itu menuai kontroversi dan menjadi perbincangan di lini masa. Pasalnya video yang diunggah Sabtu (1/8) kemarin, mengklaim obat herbal sebagai pencegah covid-19. Obat bernama “Antibodi Covid-19” disuarakan pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto, yang menjadi narasumber dalam video tersebut.

Namun, Hadi mengatakan obat herbal temuannya belum bisa disebut sebagai vaksin. Mengingat perkembangan atau mutasi covid-19 begitu cepat.

Baca juga: Anji Klarifikasi Komentar Foto Jenazah Pasien Covid-19

Menanggapi video tersebut, dokter spesialis paru, Jaka Pradipta, berpendapat informasi yang disebarkan terbilang sesat. Dalam cuitannya di akun Twitter, dia bahkan meminta Anji untuk menghapus video dengan judul BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID-19 SUDAH DITEMUKAN!! (Part 1).

"Mau mencoba membuat koreksi informasi yang sesat di video wawancara @duniamanji dan sang profesor. Tapi, hampir semuanya ngawur. Saya mohon sekali untuk @duniamanji menghapus video tersebut. Sudah tidak bisa direvisi, kacau berat," cuin akun @jcowacko.

Selain itu, dokter sekaligus influencer, Tirta Mandira Hudi, juga angkat suara. Melalui akun Twitter-nya, Tirta menyebut obat antibodi untuk covid-19 sudah sering dibahas. Bahkan, ditemukan sejumlah kampus ternama di Tanah Air.

Baca juga: Pakar: Pendapat Anji Soal Masker Bisa Sesatkan Publik

"Sebelum sampean @duniamanji, UGM, Unpad, UI, Unair, Unand, Unhas dan Eijkman, juga bahu-membahu menciptakan solusi covid-19. Obat herbal ini bahkan diangkat beberapa media. Lagi proses uji klinis kalau gak salah. Terus ngapain ente goreng seolah-olah media cuek?" pungkas Tirta dalam cuitannya.

Dia pun mengajak Anji untuk bertemu dan membahas obat covid-19 demi kebaikan bersama. "Barusan @duniamanji bakal atur janjian ngopi tertutup, ayok kita tuker pikiran. Demi kebaikan," katanya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT