02 August 2020, 14:28 WIB

Saat Gage, DKI Bakal Terjunkan Seluruh Bus Antisipasi Lonjakan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/Fransisco Carollio
 MI/Fransisco Carollio
Ganjil-genap

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI bakal menerjunkan seluruh bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat ganjil genap (Gage) diberlakukan mulai besok (3/8).

"Seluruh armada dikerahkan untuk back-up pelaksanaan kebijakan ganjil genap besok," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Bundaran HI Jakarta, Minggu (2/8).

Ia mencontohkan seperti Transjakarta yang biasanya disiapkan 69 bus untuk koridor 1, bakal bertambah menjadi 76 unit bus lantaran diterapkanya pembatasan mobil berplat ganjil genap di 25 ruas jalan saat PSBB transisi.

"Setelah kami peta kan ada 10 koridor yang langsung bersinggungan rutenya dengan luas jalan yang ada ganjil genap maka 10 koridor tersebut seluruh armadanya kami tambah 25%," jelas Syafrin.

Baca juga : Besok, Ditlantas Polda metro Jaya Sosialisasi Ganjil-Genap

Untuk MRT, Syafrin mengatakan kapasitas penumpang masih cukup dengan baru terisi 30% selama PSBB transisi. Dari maksimal 390 penumpang, baru terisi 100 orang.

"Artinya masih ada spare atau kapasitas kosong untuk 290 orang yang akan kita harapkan mampu menampung shifting dari penumpang kendaraan pribadi ke angkutan umum," kata Syafrin.

Untuk menghindari lonjakan kasus covid-19 di halte atau stasiun, warga diminta tetap patuh mengikuti protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

"Saat ini kita belum selesai dengan pandemi covid 19 Apakah itu di jalan di pusat kegiatan bahkan di angkutan umum prinsip 3 M menjadi penting," pungkas Syafrin. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT