02 August 2020, 14:06 WIB

Besok, Ditlantas Polda metro Jaya Sosialisasi Ganjil-Genap


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

MI/Fransisco Carillio
 MI/Fransisco Carillio
Sosialilsasi ganjil -genap

JELANG pelaksanaan ganjil-genap di DKI Jakarta, Direktorat Satuan Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) terlebih dahulu sosialisasi selama tiga hari di awal pelaksanaan ganjil-genap.

"Artinya Senin (2/8), hingga Rabu (5/8), kita belum akan melakukan penindakan dengan tilang, baik secara manual maupun secara electronic traffic law enforcement (ETLE)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Minggu (2/8).

Maka, tilang diberlakukan kepada pelanggar ganjil-genap mulai Kamis (6/8). Sambodo mengatakan polisi tak akan segan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melanggar ganjil-genap.

Namun, adanya sosialisasi bukan berarti tidak teguran bagi para pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap.

"Kendaraan yang berlahiran genap kemudian berjalan di tanggal ganjil atau sebaliknya, maka kendaraan tersebut tetap akan diberhentikan oleh petugas kemudian akan ditegur tetapi belum akan ditilang," paparnya.

Baca juga : Ganjil Genap Jadi Rem Darurat Untuk Tekan Mobilitas Warga

Sambodo menyampaikan, adanya sosialisasi ganjil-genap selama tiga hari merupakan cara menanamkan pemahaman kepada masyarakat bahwa ganjil genap sudah berlaku.

"Selama tiga hari kita akan menanamkan kembali pemahaman kepada masyarakat dan nanti pada Kamis baru kita melaksanakan penindakan," tuturnya.

Sementara itu, Sambodo mencatat ada 67 ribu kendaraan yang telah melanggar aturan dan dilakukan penindakan dalam sepuluh hari terakhir operasi patuh jaya 2020.

Dari angka itu, 23 ribu kasus masuk kategori tindak tilang, sementara 44 ribu lainnya hanya dilakukan sanksi teguran. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT