16 June 2020, 23:26 WIB

Google Maps Memungkinkan Pengembang Membuat Gim


Antara | Teknologi

Ist
 Ist
Ilustrasi

Google membuka platform Google Maps untuk semua orang sehingga memungkinkan pengembang untuk dapat memasukkan data Maps ke dalam gim mereka.

"Untuk pertama kalinya, pengembang gim dapat memulai online untuk membuat gim mobile dengan cepat dengan Google Maps Platform," ujar Google dalam situs resminya, Senin (15/6).

"Cukup ikuti alur untuk membuat akun, mengatur Google Cloud Project, dan kemudian mengunduh Maps SDK for Unity. Setelah melakukannya, Semantic Tile API dan Playable Location API akan secara otomatis diaktifkan."

Alat-alat pada Google Maps tersebut akan memungkinkan para pengembang untuk membuat gim yang memungkinkan menjelajahi versi dunia nyata yang dimodifikasi, mirip dengan Pokemon Go milik Niantic.

Dikutip dari The Verge, Niantic, yang dulu merupakan startup di Google, memiliki perangkat pengembang sendiri untuk membuat gim AR yang menggunakan kamera langsung dan data pemetaan 3D, yang dinamai Niantic Real World Platform.

Google pertama kali mengumumkan alat tersebut pada Maret 2018, namun hanya tersedia terbatas dan hanya 10 gim yang telah dibuat dengan alat tersebut sejauh ini.

Google mengatakan studio game indie dan pengembang menyatakan minatnya untuk menggunakan platform tersebut, sehingga Google berupaya meningkatkan infrastrukturnya untuk memungkinkan lebih banyak pengembang memanfaatkannya.

Untuk benar-benar menyambungkan data Maps ke dalam gim, Google menawarkan kit pengembangan perangkat lunak mesin gim Unity.

Alat Google memungkinkan pengembang gim melakukan hal-hal seperti mengubah lokasi dunia nyata atau menjadikan lokasi tersebut menarik untuk sebuah gim.

Google juga telah menambahkan fitur-fitur baru ke alat game Maps sejak diluncurkan pada 2018, termasuk cara untuk menunjukkan tingkat detail yang lebih tinggi untuk area yang lebih dekat dengan pemain dan kurang detail untuk yang lebih jauh. (OL-12)

BERITA TERKAIT