12 June 2020, 20:36 WIB

Menkominfo, Youtube, dan Google Cloud, Bahas Society Digital 5.0


Gaudensius Suhardi | Humaniora

Antara
 Antara
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menggelar pertemuan dengan Youtube dan Google Cloud terkait percepatan transformasi menuju masyarakat digital atau Society 5.0.

Pertemuan pada Jumat (12/6) digelar secara terpisah secara virtual. Pertama, pertemuan dengan CEO Global Youtube Susan Wojcicki dan Presiden Google Asia Pasifik Scott Beaumont. Setelah itu, Johnny bertemu Managing Director Google Cloud region Asia Pasifik Rick Harshman dan Head of Government Affairs Google Cloud Region Asia Pasifik Barbara Navarro.

Baca juga: Menkominfo Sebut Lima Elemen Berperan Dukung Kenormalan Baru

Dalam pertemuan dengan petinggi Youtube, Menteri Kominfo membahas kerja sama penanganan konten untuk melawan disinformasi atau hoaks.

"Kementerian Kominfo mengapresiasi upaya Youtube dalam melawan disinformasi dan hoaks yang terkait scara spesifik dengan pemutusan mata rantai peneluran virus korona atau covid-19. Kementerian Kominfo juga mengapresasi komitmen Youtube untuk membantu penyebarluasan informasi yang sehat kepada masyarakat global dan upaya membangun literasi digital masyarakat Indonesia," tutur Johnny.

Baca juga: Menkominfo Tekankan Tiga Aspek Hadapi Kenormalan Baru

Dalam pertemuan itu, Johnny juga membahas peran Youtube dalam ekonomi digital. Menurutnya, Pemerintah Indonesia dan Youtube memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan peluang ekonomi digital serta mempercepat proses transformasi menuju masyarakat digital atau Society 5.0.

"Hal-hal tersebut sangatlah baik untuk diketahui, mengingat upaya adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman membutuhkan dukungan ekonomi digital, persebaran informasi yang sehat, aktual, faktual serta literasi digital bagi masyarakat kita," papar Johnny.

Baca juga: Begini Cara Warga Tahu Berada di Zona Merah Covid-19 Atau Tidak

Saat bertemu dengan petinggi Google Cloud, Johnny mengungkapkan pembahasan difokuskan pada pembangunan data center Google Cloud.

"Dalam pertemuan tersebut Kementerian Kominfo dan Google dan tim Google Cloud menekankan pembahasan pada program pembangunan data center Google Cloud yang dijadwalkan diluncurkan pada 24 Juni. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan sektor privat untuk tetap menjaga akselerasi transformasi digital di Indonesia," jelas Johnny.

Baca juga: Menkominfo Ingatkan Disinfodemic Covid-19 pada Jurnalisme Online

Dalam pertemuan itu juga membahas kolaborasi dan kerja sama Kementerian Kominfo dengan Google Cloud untuk meningkatkan talenta digital Indonesia guna mendukung e-commerce, teleedukasi, hingga pemanfaatan aplikasi kesehatan daring selama pandemi.

"Kementerian Kominfo mengapresiasi dan mendukung inisiatif tim Google Cloud dalam membangun data center yang dilengkapi dengan fitur keamanan dan privasi data serta teknologi artificial intelligence. Pemerintah Indonesia percaya hal ini selaras dengan tujuan Indonesia dalam pengembangan infrastruktur dan kecakapan digital yang dibutuhkan dalam transformasi digital menuju masyarakat digital," papar dia. (X-15)

BERITA TERKAIT