03 June 2020, 15:45 WIB

Nakes di RSUD Chasan Boesoirie Ternate Positif Covid-19.


Hijrah Ibrahim | Nusantara

MI/Hijrah Ibrahim
 MI/Hijrah Ibrahim
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kota Ternate, dr. Muhammad Asagaf

DIDUGA tertular lewat pasien, satu tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Chasan Boesoirie Ternate, yang merupakan rumah sakit rujukan Civid-19 di Provinsi Maluku Utara terkonfirmasi positif Covid-19.

Nakes yang berprofesi dokter itu berinisial CT, 27, berjenis kelamin perempuan, saat ini berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). CT terkonfirmasi positif setelah dilakukan pemeriksaan lewat Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoirie. Dinyatakan positif pada Selasa (2/06).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kota Ternate, dr. Muhammad Asagaf yang dikonfirmasi mediaindonesia.com lewat pesat singkat membenarkan hal tersebut.

"Benar, ada satu dokter umum berjenis kelamin perempuan yang terjangkit Covid-19 lewat tes cemat Molekuler," jawab dr. Asagaf, Rabu (3/6).

Dijelaskannya, riwayat penularannya masih ditelusuri dengan peyelidikan epidemiologi, Namun diduga kuat dokter tersebut terpapar dari pasien yang dirawatnya. "Kemungkinan besar kontak dengan pasien," kata dr.Asagaf.

Selain CT, ada sejumlah nakes lain yang telah terpapar Covid-19.  Mereka saat ini diisolasi di empat tempat berbeda.  "Ada yang di Dragon Hotel, Sahid Hotel, Hotel Veliya dan Rumah Sakit Chasan
Boesoirie Ternate," ujar dr.Asagaf

Sementara itu, informasi yang di himpun dr. CT merupakan dokter internship dan bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Chasan Boesoirie Ternate. (OL-13)

BERITA TERKAIT