03 June 2020, 12:15 WIB

Beberapa Museum Terkenal di Eropa Kembali Beroperasi


Bagus Pradana | Weekend

 Jeroen JUMELET / ANP / AFP
  Jeroen JUMELET / ANP / AFP
Seorang petugas museum di Belanda menata koleksi

BEBERAPA museum seni paling terkenal di Eropa kembali dibuka mulai pekan ini. Sebelumnya, museum-museum ini ditutup sejak Maret lalu akibat pandemi covid-19.

Meski kembali dibuka, sebagian besar museum dan galeri ini masih membatasi jumlah pengunjung dengan menerapkan kuota tiket yang dapat direservasi secara daring. Selain itu, para pengunjung juga diwajibkan menaati protokol khusus untuk meminimalisir risiko penularan virus di lingkungan museum.

Rijksmuseum di Amsterdam merupakan satu di antara beberapa museum seni terkemuka yang akan mulai buka minggu ini. Jika pada hari-hari biasa museum ini dikunjungi kurang lebih 12.000 orang setiap harinya, mulai minggu ini jumlah tersebut dibatasi hanya 2.000 per hari.

Beberapa galeri besar seperti Museum Van Gogh dan Rembrandt House juga mulai beroperasi pada awal Juni ini dengan pengamanan khusus, merujuk keterangan yang disampaikan oleh Direktur Museum Belanda, Taco Dibbits kepada bbc.com, Selasa (2/6).

"Saya pikir kita semua sepakat bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk kembali membuka museum-museum untuk publik. Rijksmuseum akan kembali buka dengan jam kunjungan normalnya, meskipun saya pikir untuk saat ini tidak akan ada banyak turis," papar Direktur Museum Belanda.

"Setiap negara berbeda, tidak hanya di Belanda, kita harus menemukan cara alternatif untuk menjamin keamanan bagi pengunjung. Saya pikir hampir semua museum akan menerapkan kebijakan pembatasan kunjungan, dan meminta pengunjung membeli tiket yang telah ditetapkan slotnya secara online," sambungnya.

Selain di Belanda, Museum Guggenheim Bilbao di Spanyol juga telah dibuka kembali minggu ini. Awalnya museum ini hanya buka setengah hari dari jam 2 siang, namun setelah mengurus perizinan museum Guggenheim Bilbao akhirnya dapat kembali beroperasi secara normal dalam minggu ini.

Begitu pula di Italia, setelah negara itu berhasil melewati gempuran panjang dari pandemi covid 19, geliat wisata pun kembali hidup.  Kapel Sistine dan Museum Vatican pun mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, mereka diwajibkan menaati protokol khusus sebelum memasuki area museum.

Berbeda dengan museum dan galeri lain, museum seni paling termasyur di Perancis, Louvremuseum, untuk sementara masih ditutup hingga bulan depan. Rencananya museum ini dibuka kembali pada 6 Juli 2020. (M-4)

BERITA TERKAIT