03 June 2020, 02:30 WIB

Budi Karya Sumadi Olahraga untuk Jaga Imunitas


MI | Humaniora

Dok Instagram @budikaryas
 Dok Instagram @budikaryas
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi, 63, menyarankan kita meningkatkan imunitas dengan berolahraga selama pendemi covid-19.

Berdasarkan pengalamannya menjalani perawatan ketika terjangkit covid-19, imunitas itulah, selain perawatan dokter, yang membuatnya bertahan dan kemudianpulih.

“Saya sejak akhir tahun lalu rajin berjalan kaki setengah jam. Kadang lari sekitar 1 kilometer. Jadi meningkatkan imunitas itu sederhana. Ditambah mengatur pola makan akan lebih baik,” katanya dalam diskusi virtual dengan pimpinan media, Senin (1/6) malam.

Meski sudah sembuh, Budi Karya tidak berhenti menjaga imunitas. Dia kini bahkan menggunakan pelatih pribadi untuk membuatnya disiplin berolahraga.

“Sepekan empat kali saya berlatih bersama personal trainer, dua sampai empat jam sekali latihan.” Selain olahraga, Budi mengatur menu makanan sesuai arahan dokter ahli gizi.

Budi Karya Sumadi menduga dia terkena covid-19 ketika berkunjung kerja ke Makassar. Gejala yang dirasakannya ialah cepat lelah. “Saya sehabis bertemu dengan Menhub Belanda di Tanjung Priok, merasa lelah dan lemah ketika kembali ke kantor,” kenangnya. (UK/H-3)

BERITA TERKAIT