24 May 2020, 08:24 WIB

Pj Wali Kota Makassar Pilih Salat Id di Rumah Saja


Lina Herlina | Nusantara

Dok Pemkot Makassar
 Dok Pemkot Makassar
Suasana Salat Id di kediaman Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf 

LEBARAN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemu Covid-19 yang mengharuskan orang menjaga jarak dan selalu mengutamakan protap kesehatan.

Meski demikian, Pemerintah Kota Makassar tetap membolehkan warga menggelar salat IdulFitri di masjid dengan catatan mereka harus menjaga jarak dan mengenakan masker saar berada di masjid.

Meski demikian, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Yusran Jusuf dan keluarga tidak melaksankan salat di masjid. ia memilih salat di rumah saja, Tepatnya di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/5).

Baca juga: Warga Lembang Tetap Gelar Salat Id Berjamaah di Luar Rumah

Usai salat, Yusran menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri 1441 H kepada seluruh warga Makassar dan meminta warga tetap waspada dan senantiasa menyadari masih adanya pandemi covid-19 yang harus dilawan dengan protokol kesehatan.

“Meski kita tunaikan secara sederhana, Insyaallah kita berharap seluruh ibadah kita semua selama bulan suci Ramadan diterima di sisi-Nya. Mudah-mudahan pada momentum hari raya ini, Allah SWT mengangkat pandemi ini dari kehidupan kita agar rutinitas warga bisa kembali pulih dan normal seperti semula. Tidak ada yang mustahil jika Allah menginginkan” urai Yusran.

Yusran menyebut Hari Raya Idulfitri tahun ini dilakukan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya menyusul adanya wabah virus yang menjangkiti hampir seluruh warga di dunia.

“Biasanya kita lebih sering salat di lapangan bersama keluarga namun karena wabah ini kita lakukan cukup di rumah saja bersama keluarga dan juga beberapa staf yang memang bertugas di rumah jabatan ini. Namun, Insya Allah situasi ini tidak mengurangi esensi ketaatan kita kepada sang pencipta,” lanjut Yusran.

Terpisah, seorang warga Jalan Dg Tata 1 Basri, mengaku dirinya juga memilih salat di rumah meski masjid dekat rumahnya menggelar salat Idulfitri.

"Saya cari aman saja, mana tahu warga yang pergi salat baik-baik saja. Sekarang banyak yang tanpa gejala. Toh insyaallah pahalanya juga sama," sebutnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT