24 May 2020, 07:15 WIB

13 Ribu Pendukung Kardus Dukung Gladbach


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

Twitter @borussia_en
 Twitter @borussia_en
Para pendukung yang terbuat dari kardus hadir di laga kandang Borussia Moenchengladbach.

MESKI mendapat dukungan dari 13 ribu 'pendukung kardus', Borussia Moenchengladbach menyerah 1-3 saat menjamu Bayer Leverkusen di laga lanjutan Bundesliga, Minggu (24/5) dini hari WIB.

"Mereka luar biasa. Meski tidak membuat suara apa pun, kehadiran mereka menciptakan suasana yang berbeda," ujar bek kanan Gladbach Stefan Lainer setelah bermain di hadapan para 'pendukung' yang tidak bersuara itu.

"Ini adalah ide yang bagus dan saya senang banyak yang ambil bagian," imbuhnya.

Baca juga: Tumbangkan Frankfurt, Bayern Jauhi Dortmund

Dengan para pendukung dilarang datang ke stadion untuk menghindari penyebaran covid-19, para pendukung Gladbach menemukan cara kreatif untuk menunjukkan dukungan mereka.

Para pemegang tiket musiman bisa menempatkan kardus yang menampilkan citra mereka di kursi milik mereka di Borussia Park.

"Kami memiliki 13 ribu pendukung yang dibuat dari kardus. Sebenarnya, kami mendapatkan sekitar 20 ribu pesanan," ujar pendukung Gladbach yang memimpin proyek pendukung kardus itu, Thomas Ludwig.

"Para relawan bekerja keras selama Jumat (22/5)," lanjutnya.

Di pekan kedua bergulirnya kembali Bundesliga, para pendukung kardus itu ditempatkan di berbagai penjuru stadion kandang Gladbach bersama sejumlah spanduk, beberapa berisi kritik atas keputusan menggelar laga tanpa penonton.

Tim tamu, Leverkusen, juga ambil bagian, setelah para pendukung mereka membayar 19 euro (sekitar Rp307 ribu) untuk menempatkan citra mereka dari kardus di tempat duduk pendukung tim tamu.

Namun, dalam laga kali ini, para pendukung kardus tidak bisa menginspirasi Gladbach meraih kemenangan. Mereka dipaksa menyerah 3-1 oleh Leverkusen setelah bintang muda Kai Kavertz mencetak dua gol.

Hasil itu membuat Leverkusen naik ke peringkat tiga klasemen sementara Gladbach turun ke posisi keempat. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT