24 May 2020, 09:00 WIB

Menebar Kebaikan di Tengah Pandemi


Galih Agus Saputra | Weekend

Kick Andy/MI/ Sumaryanto Bronto
 Kick Andy/MI/ Sumaryanto Bronto
Grup vokal Adam saat tampil di acara Kick Andy.

ADA banyak cara untuk mengajak orang agar berbuat baik, salah satunya ialah dengan cara bermusik. Langkah inilah yang dilakukan oleh grup vokal Adam yang menjadi bintang tamu Kick Andy, episode 'Musisi Melawan Pandemi'.  

Band yang berdiri 10 maret ini dinamakan berdasarkan nama panggilan para personilnya. Mereka adalah Reza Pranata (Ata), Dodi Hidayatullah, Anindito Dwi Sepdiawan, dan Reynaldi Mbayang.

Hadir di acara Kick Andy, Dodi Hidayatullah menjelaskan jika nama band mereka juga sengaja dipilih lantaran mengandung makna sebagai muslim yang meyakini manusia sebagai cucu Nabi Adam.

"Memang kita berempat adalah vokal dan kebetulan lelaki semua, artinya semuanya kaum Adam dan kita juga berasal dari anak cucu Adam. Kita pengen menduniakan ini. Dan ternyata pas perjalanannya, pas disingkat-singkat ada artinya,” imbuh Dodi.

Adam memiliki konsep menyuarakan kebaikan lewat lagu. Jenis lagu yang mereka bawakan tidak tertutup hanya lagu religi, melainkan juga lagu pop dan lainnya, selama memiliki unsur mengajak pendengar menuju kebaikan.

Pada usianya yang masih sangat muda yakni dua bulan, Adam sudah memiliki satu buah lagu yakni 'Welcome Ramadhan'. Kali pertama lagu ini dibagikan melalui kanal Youtube, jumlah tontonan meledak mencapai 6 juta pada minggu pertama.

Para personel Adam mengaku jika pencapaian itu di luar dugaan mereka sendiri. Dari situ pula Adam merasa diterima pendengar Tanah Air. 

Di tengah merebaknya pandemi korona (covid-19) saat ini, Adam mencoba mewujudkan kebaikan tidak hanya lewat lagu. Mereka membuka donasi paket sembako bagi membantu masyarakat yang membutuhkan. Melalui akun Instagram @adamusik_, tak jarang pula mereka mengunggah foto maupun video singkat penyaluran bantuan. 

“Kegiatan kita itu merupakan bagian aktivitas sosial bersama Yayasan Masjid Nusantara, dimana kampanye utama kita sebenarnya adalah pembangunan masjid di pelosok-pelosok Indonesia, sekalian di situ kita pun membagikan sembako kepada pengurus-pengurus masjid yang terkena dampak dari Covid-19 ini,” ungkap Dodi. Selain menggunakan uang donasi, Ata mengatakan bahwa pengadaan sembako juga dilakukan dengan dana para personil sendiri. (M-1)

BERITA TERKAIT