23 May 2020, 20:31 WIB

Politisi Gerindra Nilai Bandara Soetta Siap Jalankan New Normal


Putra Ananda | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Personel TNI menggunakan helm pendeteksi suhu tubuh di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (23/5).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meninjau penerapan protokoler keamanan pencegahan penularan covid-19 di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang Banten.

Berdasarkan hasil tinjauan, Sufmi menilai Soeta siap untuk menerapkan new normal dalam pelayanan calon penumpang pesawat terbang baik domestik maupun luar negeri.

"Kalau menurut saya, dengan protap yang ada, Bandara Soetta sudah siap (menjalankan new normal)," ujar Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad di Terminal 3 Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Sabtu, (23/5).

Baca juga: DPR Nilai Protokol Covid-19 di Bandara Soetta Berjalan Ketat

Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan itu meminta pihak bandara memperhitungkan potensi peningkatan jumlah penumpang di masa mendatang. Sehingga kebutuhan pelayanan bisa dipersiapkan dengan baik.

"Sehingga bisa dikalkulasi jumlah petugas atau jumlah check point yang dipersiapkan. Baik untuk kesehatan maupun administrasinya," ujar dia.

Baca juga:  PSBB Ternyata Kurangi Sampah di Jakarta

Sufmi didampingi oleh anggota Satgas Lawan Covid-19 meninjau pelayanan di Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta. Hasil pemantauan memperlihatkan penerapan protokol kesehatan dan pemeriksaan dokumen sudah berjalan dengan baik. Posisi penumpang diatur berjarak dan menggunakan masker. Mereka bergantian melewati pos pemeriksaan dokumen dan kesehatan sebelum check in.

Selain itu, petugas pemeriksaan juga menggunakan masker. Bahkan, petugas kesehatan di pintu kedatangan Terminal 3 Bandara Soetta menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Baca juga:  H-1 Lebaran, Kementan Pastikan Stok Bawang Merah Aman

Sufmi menjelaskan, menjelang PSBB selesai diharapkan protokol covid-19 yang dilakukan di bandara tetap berjalan dengan baik. Di mana pemeriksaan ketat, baik dari sisi administrasi maupun kesehatan tetap dilakukan.

"Satgas Lawan Covid-19 DPR RI memberikan apresiasi kepada pengelola bandara serta semua yang bertugas di bandara. Baik dari kepolisian, TNI, Medis, imigrasi dan lain-lain atas kerja samanya yang sangat solid dan kami harap dapat terus ditingkatkan," ujarnya. (X-15)

BERITA TERKAIT