23 May 2020, 19:40 WIB

Warga Padati Pasar, FPDIP Anggap Gubernur Anies Kurang Tegas


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Antara
 Antara
Warga memadati Pasar Jatinegara di Jakarta, Jumat (22/5).

H-1 Lebaran, warga Jakarta memadati pasar-pasar tradisional. Bahkan, sebagian warga tidak menjaga jarak atau memakai masker yang diatur dalam pemmbatasan sosial berskala besar (PSBB).

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjutak menilai, hal itu akibat buat ketidaktegasan pemerintah dalam mengawasi kerumunan warga

"Saya melihat gubernur kurang tegas. Saat sekarang dia harusnya ikut turun ke lapangan seperti yang dilakukan kepala daerah lain. Dampak kurang tegasnya itu timbullah kejadian sekarang. Jakarta paling kacau soal PSBB," ujar Gilbert di Jakarta, Sabtu (23/5).

Baca juga: Kondisi New Normal Pascapandemi, Anies: Tergantung Sikap Kita

Ia mempertanyakan peran Satpol PP gencar teriak soal sanksi namun soal kerumunan di pasar-pasar tradisonal terlihat melempem.

"Itu tidak diantisipasi oleh pemprov, dengan lebih ketat dan kasih jarak semeter antara pembeli. Bukan berjubel begitu. Ini Satpol PP sibuk menutup usaha yang tidak diperbolehkan seperti toko baju," kata Gilbert.

Gilbert menyayangkan masyarakat yang kurang kesadaran akan aturan PSBB di Ibu kota. Ia melihat semakin hari banyak terjadi pergeseran tingkat ekonomi warga dari kelas menengah menjadi kelas bawah akibat PSBB di Jakarta.

Dalam postingan instagram Jakarta Info @jktinfo terlihat sejak semalam (22/5) hingga siang tadi warga padati pasar-pasar. Seperti Pasar Palmeriam, Pasar Serdang Kemayoran, Pasar klender, Pasar Lontar Kebon Melati tanah abang, Pasar Palmerah dan Pasar Cipete.

Warganet pun geram atas tindakan warga yang tidak patuh tersebut. Pemilik akun @dinarlrstii mengatakan, "Pasar tradisional dengan kearifan lokalnya sebelum Idul Fitri"

Lalu warganet bernama @zeromartino menyebut PSBB sebagai 'Pemerintah : Silakan Bergerombolan Bergerombolan'. Ada lagi warganet dengan akun @suciipuspitaa yang bercanda, "Virusnya (Covid-19), pada takut lihat kerumunan gitu,". (X-15)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on


 

BERITA TERKAIT