23 May 2020, 18:17 WIB

Presiden Pilih Berlebaran di Istana Bogor


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes

PRESIDEN Joko Widodo dipastikan tidak akan mudik ke Solo pada Idulfitri tahun ini. Esok, Presiden akan merayakan lebaran di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Ini sebagai komitmen dalam penerapan physical distancing dan mengurangi potensi penyebaran covid-19," kata Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia di Jakarta, Sabtu (23/5).

Jokowi selama ini diketahui beraktivitas di Jakarta. Selama masa pandemi, imbuh Angkie, Presiden menggunakan skema bekerja work from home dari Istana Kepresidenan Jakarta dan Bogor untuk meminimalisasi kegiatan diluar dan mencegah kerumunan orang.

"Kita ketahui bersama Jakarta merupakan wilayah dengan kategori zona merah untuk covid-19. Maka, Presiden dan keluarga tetap akan berada di Istana Bogor dalam pelaksanaan Idulfitri 1441 Hijriyah esok hari," ucap Angkie.

Komunikasi dengan jajaran kabinet dan pimpinan lembaga setingkat tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sejauh ini, setiap agenda pertemuan berlangsung secara daring dan belum ada arah untuk interaksi jarak dekat

Untuk kegiatan silaturahmi, Presiden meniadakan tradisi gelar griya (openhouse) yang biasanya dibuka untuk masyarakat umum. Hal itu untuk mencegah kerumunan.

Meskipun dalam suasana hari raya, menurut Angkie, Presiden akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, terutama penanganan pandemi covid-19.

Pemerintah juga kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat pada saat silaturrahmi di hari raya esok agar tetap memerhatikan jarak interaksi serta menjaga kebersihan dan mengutamakan kegiatan keluarga secara terbatas.

"Salam hangat dari Presiden Joko Widodo untuk seluruh umat muslim dan warga Indonesia, selamat Idulfitri 1441 Hijriyah," pungkasnya. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT