23 May 2020, 17:15 WIB

Masjid Istiqlal Gelar Takbir Virtual Malam Ini


Insi Nantika Jelita | Humaniora

Dok.MI
 Dok.MI
Masjid Istiqlal sedang disemprot disinfektan cegah Covid-19

KEPALA Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengungkapkan pihaknya meniadakan takbiran secara langsung. Sebagai gantinya, pengurus Masjid Istiqlal bakal menggelar takbiran secara virtual malam ini.

"Kami adakan takbir virtual di Istiqlal, disiarkan langsung oleh TVRI. Sekitar satu jam, habis salat Isya sekitar jam setengah 8 malam," ujar Hurairah, kepada Media Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/5).

Takbir virtual tersebut dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kegiatan tersebut sebagai kepatuhan terhadap aturan pembatasan sosial berskala besar yang masih diberlakukan di Jakarta yang melarang warga berkumpul dalam suatu kegiatan ibadah.

Hurairah menjelaskan, adanya takbir virtual tersebut ditujukan kepada ummat islam di seluruh tanah air yang ingin melihat secara tidak langsung kumandang adzan jelang lebaran besok (24/5).

"Kita kan mau merayakan kemenangan cuma karena ada pandemi tidak bisa dilaksanakan langsung dengan melibatkan orang banyak. Makanya, kami adakan virtual agar suasana lebaran itu ada," jelas Hurairah.

Untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal bakal mengikuti anjuran pemerintah. Menurut Hurairah, masih ada antusias dari warga yang ingin mengetahui apakah pengurus Masjid Istiqlal menyelenggarakan ibadah tersebut.

Warga masih ada yang nanya gimana salat idul fitri kali ini, kami bilang ditiadakan. Warga tetap ibadah di rumah," pungkas Hurairah. (OL-13)

BERITA TERKAIT