22 May 2020, 08:00 WIB

Mau Ekspedisi ala Keong? Coba Z-Triton, Moda Unik Beroda Tiga


Fetry Wuryasti | Weekend

Zeltini
 Zeltini
Purwarupa Z-Triton

Bak keong dengan cangkangnya, bayangkan 'rumah' mini yang bisa Anda bawa ke mana saja ke berbagai medan. Rumah ini merangkap moda transportasi. Bisa menjadi perahu, bisa juga ala motor beroda tiga. Ya, semacam rumah ekspedisi.

Rumah unik amfibi tersebut ialah ciptaan terbaru studio desain Latvia Zeltini bernama Z-Triton. Kini, ia masih dalam tahap purwarupa. Bentuknya mirip sepeda becak sepeda beroda tiga dengan kabin penumpang di bagian belakang.

Meski bentuknya nampak familiar, jangan salah, alat transportasi ala Latvia Zeltini itu mampu melibas lintasan darat ataupun mengapung di atas air, dilengkapi dapur kecil dan ruang tidur.

Terima kasih atas kondisi covid-19 yang memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah. Ternyata hal itu mendorong desainer Aigars Lauzis lebih produktif. 

"Pembaruan teranyar - prototipe desain selesai. Lockdown covid menjadikan kami sangat produktif dengan interior, elektronik, kursi penumpang, kursi hewan peliharaan, kemudi kapal dan menyelesaikan hal lainnya. Siap untuk uji-coba," ungkap Lauzis dalam video yang diunggah di Facebook, pada 8 Mei lalu. 

Z-Triton dirancang sebagai rumah mungil, sepeda roda tiga, dan kapal. Bagian depan adalah stang sepeda roda tiga, lengkap dengan sadel untuk pegowes. Ketika dalam mode perahu, bagian depan sepeda dilipat dan bagian belakang langsung berubah menjadi ruang kabin depan.

Z-triton menggunakan sumber tenaga listrik. Ada panel kontrol untuk mengatur daya, lampu sein, klakson, kipas, suhu interior, dan banyak lagi.

Kendaraan itu mampu menempuh jarak hingga 25 mil di darat atau sekitar 19 mil di air. Tentu saja, pedal sepeda bisa digenjot untuk menambah jarak tempuh ketika di darat.

Ukurannya yang mungil memungkinkan ia menampung 2 orang. Bagian dalamnya dapat disesuaikan. Bangkunya bisa digeser ataupun dilepas untuk menciptakan ruang tidur. Ada juga dapur kecil di kapal untuk menyiapkan dan menyimpan makanan.

Warna biru dan oranye mendominasi bagian interior dan eksterior. Kemudi perahu berbentuk Z. Dari video yang dibagikan, rumah oerahu itu juga terlihat cukup lincah bermanuver saat di darat maupun di air.

Rencananya, kendaraan unik itu bakal tersedia mulai 2021. Sayangnya, hanya untuk disewakan, karena Latvia Zeltini belum ada rencana membuka penjualan kendaraan itu. (BusinessInsider/M-2) 

BERITA TERKAIT