319 Warga Jakarta Barat Sudah Lakukan Rapid Test


Penulis:  Insi Nantika Jelita - 27 March 2020, 10:25 WIB
ANTARA/Paramayuda
 ANTARA/Paramayuda
Ilustrasi-- Petugas medis malakukan rapid test Covid-19 dari sampel darah yang telah diambil secara door to door di Bekasi.

KEPALA Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristi Watini mengungkapkan pihaknya sudah melaksanakan test cepat atau rapid test pemeriksaan Covid-19.

Menurutnya, pelaksanaan rapid test sudah dilakukan di delapan kecamatan Jakarta Barat. Sasaran tes tersebut adalah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP).

"Data yang sudah di-rapid test di Jakarta Barat ada 319 ODP dan PDP," ujar Kristi kepada Media Indonesia, Jumat (27/3).

Baca juga: Jual Masker Harga Selangit, Kios di Pasar Pramuka Ditutup

Ke-319 orang tersebut ialah warga yang sudah ditelusuri atau di-tracing oleh Dinas Kesehatan Jakarta Barat karena mereka pernah berinteraksi langsung dengan warga yang sudah dinyatakan positif virus korona.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah memastikan sebanyak 100.000 rapid test kit untuk Covid-19 sudah didistribusikan ke rumah sakit hingga Puskesmas di DKI Jakarta.

Melalui edaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (26/3), prosedur pemeriksaan rapid test terdiri dari 2 kategori, yakni pencarian aktif Puskesmas ke masyarakat dan pencarian pasif Puskesmas dan rumah sakit. (OL-1)

BERITA TERKAIT