Satu PDP Langsung Dirujuk ke RS Saat Tiba di Pelabuhan Ternate


Penulis: Hijrah Ibrahim - 27 March 2020, 07:56 WIB
MI/Hijrah Ibrahim
 MI/Hijrah Ibrahim
Tim Satgas Covid-19 saat menjemput seorang pasien dalam pengawasan di Pelabuhan residen Halmahera Utara, Malut Kamis (26/3/2020).

RUMAH Sakit Umum Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis malam (26/3), merujuk satu orang pasien berstatus Orang dalam Pengawasan atau PDP ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate selaku rumah sakit rujukan covid-19. Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera Utara, Fredy Tjandua dalam keterangannya via whatsapp mengatakan pasien memiliki riwayat perjalanan dari Manado, Sulawesi Utara.

"Pasen memiliki riwayat perjalanan dri Manado Sulawesi Utara, dan baru kembali ke Tobelo Hlamhera Utara, Selasa 24 Maret kemarin," kata Fredy Tjandua, Jumat (27/3)  Setelah tiba di Tobelo pasien mngalami gejala mirip covid-19 seperti batuk, sesak napas dan demam. Pasien kemudian memeriksakan diri ke RSU Tobelo, Halmahera Utara.

"Hasil pemeriksaan rontgen oleh tim dokter dengan hasil pneumonia, sehingga pasien dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie," tambahnya.

Satu  pasien diduga terjangkit virus korona yang tiba di Ternate lewat Pelabuhan peyebrangan residen itu langsung dijemput oleh Tim Satgas Penanganan Wabah Covid-19. 

baca juga: Sejumlah Bandara Batal Ditutup

"Untuk penanganan PDP asal Tobelo, akan tetap mengacu pada SOP penangan pasien Covid-19. Sehingga masyarakat tidak perlu panik karena melihat petugas menggunakan pakaian seperti astronot, kata  Idhar di posko Covid 19 Maluku Utara. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT