Atasi Dampak Covid-19, Pemerintah Akan Terbitkan Recovery Bond


Penulis: M. Iqbal Al Machmudi - 26 March 2020, 12:54 WIB
Antara
 Antara
Ilustrasi karyawan memantau pergerakan pasar uang dan obligasi.

UNTUK mengantisipasi dampak pandemi virus korona (Covid-19), pemerintah akan menerbitkan surat utang negara (SUN) dengan bentuk baru. Pemerintah kini tengah menggodok peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) sebagai payung hukum.

"Kami sedang menjajaki dan akan mengeluarkan satu bentuk surat utang baru. Kami menyiapkan kira-kira namanya recovery bond," ujar Sekretaris Menko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, melalui telekonferensi dari Kantor BNPB, Kamis (26/4).

Lebih lanjut, Susiwijono mengatakan recovery bond adalah surat utang pemerintah dalam bentuk rupiah, yang nantinya dibeli Bank Indonesia (BI) atau swasta, seperti eksportir.

Baca juga: Covid-19 Guncang Ekonomi, KSPI Khawatirkan PHK Massa

Setiap dana dari penjualan surat utang tersebut akan dipegang pemerintah. Selanjutnya, disalurkan kepada seluruh dunia usaha melalui kredit khusus.

"Saat ini menunggu ada perppu, karena BI untuk sekarang hanya bisa beli dari secondary market. Jadi, nanti Perppu keluar," imbuh Susiwijono.

Dia menekankan penerbitan recovery bond bertujuan membangkitkan geliat dunia usaha di tengah pandemi global.

"Kami menargetkan Jumat (26/3) besok, Kementerian Keuangan sudah menyelesaikan perppu sebagai dasar penerbitan recovery bond," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT