Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Antusias Rencana Evakuasi


Penulis: Antara - 30 January 2020, 06:53 WIB
AFP
 AFP
Seorang petugas menunjukkan daftar mahasiswa asal Aceh di Wuhan, Tiongkok. 

MAHASISWA Indonesia asal Sulawesi Selatan di Wuhan, Tiongkok, Patmawaty Taibe mengaku bersyukur dan berharap rencana evakuasi oleh pemerintah dapat segera direalisasikan. Mahasiswa yang kini mengambil program doktoral psikologi di Central China Normal University Wuhan, Tiongkok itu mengatakan sangat berharap bisa keluar dari kota yang terisolir itu, khususnya Provinsi Hubei.
 
"Kami sangat senang dengan kabar rencana evakuasi yang terus dimatangkan pemerintah," kata Patmawaty melalui pesan WhatsApp, Rabu (29/1).

Mahasiswi tingkat doktoral yang akrab dipanggil Eva ini, juga mengaku terus memantau perkembangan atau progres pemerintah terhadap warganya yang ada di Tiongkol melalui berita dari dalam negeri. Saat ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait telah mematangkan persiapan, agar evakuasi bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, sembari menunggu izin dari otoritas Tiongkok.

baca juga: Mengenal Kota Wuhan Jantung Industri Tiongkok
 
Persiapan evakuasi juga berkaitan dengan proses karantina lanjutan di negara tujuan, mengingat Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok telah berstatus karantina selama sepekan terakhir untuk mencegah penyebaran virus korona lebih luas.
 
"Kami sangat senang dengan kabar ini. Semoga semuanya dimudahkan, Aamiin," ujar dosen Universitas Bosowa (Unibos) Makassar. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT