18 April 2022, 21:20 WIB

Sharp Bersedekah Ajak Orang Baik Berbagi Makanan


Mediaindonesia.com | Ramadan

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Agus Soewadjie (kanan) dan Pandu Setio.

ADA 700 orang yang turut berbagi dengan lebih dari 1.000 paket makanan minuman pada Ramadan tahun lalu lewat Sharp Bersedekah. Paket tersebut disebarkan untuk 12 panti asuhan. Karenanya, Ramadan tahun program tersebut kembali hadir guna memfasilitasi masyarakat berdonasi makanan bagi anak-anak panti asuhan di sekitar kota Jakarta. 

Sharp Bersedekah merupakan program corporate social responsibility (CSR) PT Sharp Electronics Indonesia yang diselenggarakan di setiap Ramadan tiap tahun. Diluncurkan pada Senin (18/4) di Jakarta, Sharp Bersedekah 2022 mengusung tema Berbagi Kebahagiaan, Berbagi Senyuman. 

Pada acara peluncuran program, Agus Soewadjie selaku Head of Marketing Communication PT Sharp Electronics Indonesia menyatakan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, pihaknya kembali mengajak masyarakat meningkatkan simpati dan empati melalui semangat berbagi. Pada program Sharp Bersedekah tahun ini, pihaknya kembali meletakkan lemari es di titik-titik strategis ruang publik yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mendonasikan makanan. "Seluruh makanan yang terkumpul setiap hari akan didonasikan kepada yayasan sosial di sekitar Jakarta," ungkapnya. 

Titik lokasi lemari es dapat ditemui sejak 19-21 April 2021 di area lobi gedung perkantoran menara Aneka Tambang Jakarta Selatan dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Titik berikutnya di pusat perbelanjaan Mal Kelapa Gading pada 22-24 April 2022 dimulai pukul 10.00-21.00. Rangkaian ini akan ditutup di Stasiun Palmerah pada 25-27 April 2022 yang dimulai pada pukul 10.00-21.00. 

Seluruh makanan yang terkumpul di dalam lemari es, akan dikumpulkan pada pukul 16.30 setiap hari dan langsung diantarkan ke panti asuhan terdekat dari titik lokasi lemari es. Melalui program ini, Sharp berupaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dengan cara berdonasi dalam bentuk makanan, terlebih di masa pandemi.

Guna memastikan keamanan dan kebersihan makanan, Sharp menerapkan sistem registrasi dan protokol kesehatan dengan ketat untuk memastian kebersihan makanan dan kesehatan petugas harian. Selain itu, perusahaan menyediakan lemari es dengan teknologi Plasmacluster yang dapat menekan pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus, hingga kesegaran makanan dapat terjaga dengan baik. 

Setiap donatur diwajibkan mengemas makanan sebaik mungkin untuk memastikan kebersihan dan kualitas makanan dalam keadaan baik sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Pada saat diantar, setiap makanan dicek ulang untuk memastikan kebersihan dan kualitas makanan masih dalam keadaan baik oleh petugas Sharp Bersedekah. Kemudian makanan akan dikemas kembali ke dalam wadah yang telah di sterilisasi. Pemilihan yayasan sosial pun dipilih berdasarkan lokasi terdekat dengan titik penempatan lemari es guna mencegah kerusakan dan penurunan kualitas kesegaran pada makanan saat proses pengantaran karena terlalu lama berada di luar ruang.

Untuk mengikuti program ini sangat mudah. Setiap orang yang ingin menjadi donatur dapat mengantarkan langsung makanan yang hendak didonasikan ke titik lokasi lemari es berada. Ia kemudian memindai barcode yang disediakan untuk mengisi e-form data diri. Selanjutnya ia meletakkan makanan ke dalam lemari es.

Bagi konsumen setia Sharp yang berada di luar area Jakarta juga dapat berpartisipasi dengan mengikuti hastag challenge #sedekahsenyum melalui postingan Instagram. Caranya, cukup mengunggah swafoto dengan memberikan pose senyum terbaik, menandai akun @sharpindonesia kemudian menuliskan caption berupa ajakan masyarakat untuk bersedekah di lingkungan tempat tinggal mereka. "Setiap postingan yang masuk akan dikonversikan menjadi paket makanan yang akan diberikan kepada anak-anak panti asuhan," jelas Pandu Setio, Senior PR & Brand Communication Manager Sharp Electronics Indonesia.

Baca juga: Umat Islam Diprediksi Puasa Ramadan Dua Kali Setahun, Kapan?

Informasi selengkapnya mengenai program CSR Sharp Bersedekah 2022 Berbagi Kebahagiaan, Berbagi Senyuman dapat diakses di akun media sosial perusahaan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. "Kami berharap melalui program ini, Sharp Bersedekah dapat memberikan dampak yang lebih luas dan tujuan kami untuk berbagi kebahagiaan dapat terwujud dengan meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar untuk bisa berbagi dengan sesama," tutup Pandu. RO/OL-14)

BERITA TERKAIT