11 May 2021, 02:30 WIB

Zakat Drive Thru Mudah dan Praktis


MI | Ramadan

MI/Mohamad Farhan Zhuhri
 MI/Mohamad Farhan Zhuhri
Pengendara motor membayar zakat  kepada petugas di layanan pembayaran zakat tanpa turun di  Masjid Nurul Hidayah, Tanah Kusir

SEJAK pagi hingga sore, kemarin, posko pembayaran zakat di Masjid Nurul Hidayah, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, dipadati warga. Para muzaki (pemberi zakat) datang silih berganti untuk menunaikan rukun Islam ke-4 tersebut karena di sana pembayaran zakat bisa dilakukan secara drive thru.

Abiathar Nugraha, 35, pekerja swasta, datang ke sana bersama istrinya dengan menggunakan sepeda motor, sepulang bekerja. Ia memutar motornya memasuki lapangan parkir masjid yang menjadi lokasi posko drive thru zakat.

Setelah membaca niat yang dipandu amil zakat, Abiathar menyerahkan uang tunai untuk pembayaran zakat. Setelah mendapatkan tanda bukti pembayaran, Abi segera melanjutkan perjalanan pulang ke rumahnya.

"Kita memang sudah berencana zakat dan mencari masjid-masjid di sekitar sini. Tadinya kalau harus turun dari motor (parkir) dan ke dalam masjid, saya akan cari lagi. Alhamdulillah ini cepat dan efisien tanpa turun motor," ujar Abi, demikian ia biasa disapa, ketika ditemui Media Indonesia.

Di masjid ini, ukuran 1 sha' yang ditetapkan ialah Rp45 ribu untuk uang tunai dan 3,5 liter beras per jiwa. Saat itu, Abi membayar sekaligus zakat fitrah untuk dia dan istrinya ditambah dengan zakat mal (harta) karena ada rezeki tambahan. Tahun-tahun lalu, tutur Abi, biasanya ia membayarkan zakat langsung ke penerima zakat di dekat kediamannya. Tahun ini, karena tinggal di apartemen, ia susah sekali mencari para mustahik.

Salah seorang petugas pengumpul zakat DKM Masjid Nurul Hasan, Andi Pratama, mengatakan pelaksanaan zakat drive thru di sana sudah dilakukan sejak 2020. Selain drive thru, masjid menerima pembayaran zakat melalui platform digital dan e-commerce.

Dengan adanya kemudahan-kemudahan itu, zakat yang dikumpulkan DKM Masjid Nurul Hidayah hingga kini mencapai Rp25 juta, meningkat 50% dari tahun lalu.

"Alhamdulillah selalu meningkat untuk pembayaran zakat di Masjid Nurul Hidayah sendiri. Kita juga sesuai dengan protokol kesehatan dan mungkin adanya kemudahan juga dalam pembayaran zakat drive thru ini," sebut Andi. (Mohamad Farhan Zhuhri/H-2)

BERITA TERKAIT