27 September 2023, 14:28 WIB

Singgung Banyaknya Purnawirawan Terjun ke Poltik, Mahfud: Rentan Isu Netralitas


Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum

MI/Agus Mulyawan
 MI/Agus Mulyawan
MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD.

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD ingatkan netralitas Polri walaupun terdapat purnawirawan yang terjun ke dunia politik.

"Ini juga ada isu purnawirawan pejabat TNI maupun Polri saat ini banyak yang tergabung dalam partai politik, mendukung si A si B dan seterusnya," kata Mahfud di Rakor Persiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

Oleh karena itu, Mahfud pun meminta Polri dapat mengantisipasi timbulnya perspektif negatif di masyarakat buntut terjunnya purnawirawan Polri ke dunia politik.

Baca juga: Mahfud MD: MK Sebaiknya Tidak Terlalu Lama Memutus Gugatan Batas Usia Minimal Capres

Mahfud menilai, Polri sangat perlu menjaga netralitas supaya gelaran pemilu dapat berjalan lancar. Terlebih, ia menegaskan bahwa Polri menjalankan tugasnya sesuai kepentingan bangsa. Bukan, kepentingan salah satu partai politik.

"Ini supaya diantisipasi karena rentan menimbulkan isu netralitas TNI-Polri," tuturnya.

Baca juga: Mahfud MD: MK tak Berwenang Ubah Batas Usia Capres Cawapres

"TNI/Polri adalah untuk kepentingan bangsa dan negara bukan untuk kepentingan parpol, bukan untuk kepentingan pokok. Selain itu, keterlibatan TNI/Polri dalam pemilu akan membuat kualitas demokrasi menjadi terganggu," imbuh Mahfud.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak lebih dari dua ribu personel Mabes Polri diterjunkan untuk mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka akan bekerja sama dengan personel polda di masing-masing wilayah.

"Jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 yaitu Mabes Polri 2.130 personel," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin, 25 September 2023.

Ahmad menjelaskan Operasi Mantap Brata 2023-2024 fokus untuk mengamankan seluruh tahapan pesta demokrasi. Durasi operasi itu mencapai 222 hari.

"Personel Mabes Polri didukung kekuatan personel polda yang disesuaikan dengan anggaran Operasi Mantap Brata 2023-2024," papar jenderal bintang satu itu.

(Z-9)

BERITA TERKAIT