22 September 2023, 11:23 WIB

Pilpres 2024, Rampai Nusantara Dukung Capres Pilihan Jokowi


Media Indonesia | Politik dan Hukum

Dokpri.
 Dokpri.
Mardiansyah.

KONTESTASI Pemilihan Presiden pada 2024 semakin meningkat. Setidaknya, kini ada tiga kubu yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dengan koalisi partai politik masing-masing.

Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah--sebagai bagian dari kelompok masyarakat--ikut mencermati politik nasional yang sangat dinamis. Mardiansyah menilai dalam politik kekuasaan semua hal bisa saja terjadi karena politik itu mengelola segala kemungkinan sekecil apapun berpeluang untuk dapat diwujudkan. Apalagi dalam kontestasi pemilihan presiden yang daya kejutnya akan lebih tinggi dan peralihan dukungan merupakan sesuatu yang biasa dalam politik kekuasaan.

"Semalam Partai Demokrat secara resmi mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo dan sebelumnya Anies berpasangan dengan Cak imin tanpa diduga mendeklarasikan sebagai pasangan calon dalam pilpres 2024. Dalam politik itu biasa saja karena semua bisa saja terjadi. Prabowo masih mungkin berpasangan dengan Ganjar atau ternyata mereka tidak bisa disatukan dan akan berhadapan. Bisa juga ketika MK mengabulkan, Prabowo berpasangan dengan Gibran melawan Ganjar bersama Mahfud MD misalnya. Ini mungkin saja terjadi bahkan tidak menutup kemungkinan juga Jokowi akan merapat ke koalisi Prabowo untuk berhadapan dengan Megawati bersama koalisi Ganjar. Sekali lagi dalam politik ini semua mungkin saja terjadi apalagi Kaesang justru bergabung ke PSI yang sudah mengalihkan dukungannya ke Prabowo. Sedikit banyak ini mencerminkan Jokowi dan keluarga belum sepenuhnya solid mendukung Ganjar sebagai capres di 2024," ujar Mardiansyah.

Baca juga: Anies-Muhaimin Hadiri Rapat Pokja Pemenangan Amin

Semua kubu tentu ingin memenangkan pertarungan. Namun bagi Rampai Nusantara siapapun yang akan menjadi presiden nanti harus dapat melanjutkan yang sudah dibangun oleh Jokowi. Alasan Mardiansyah, selama hampir 10 tahun berkuasa harus kita akui Jokowi membuat kemajuan yang signifikan di seluruh wilayah Nusantara. Bahkan dalam mengatasi covid-19 keberhasilan Jokowi mendapat pengakuan dunia internasional. Indonesia secara ekonomi pun tidak mengalami krisis yang berarti di saat banyak negara di dunia terpuruk. 

"Demi persatuan serta kemajuan bangsa dan negara, Rampai Nusantara akan tegak lurus bersama Jokowi. Apapun yang diputuskan oleh Jokowi dalam kontestasi pilpres 2024 termasuk kepada capres dan cawapres yang nanti didukung Jokowi, keluarga besar Rampai Nusantara di seluruh Indonesia akan ikut memperjuangkannya dengan semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan karena kami meyakini pilihan Jokowi merupakan yang terbaik bagi bangsa dan negara," tegas Mardiansyah.

Baca juga: Yenny Wahid Apresiasi Masyarakat yang Dukung Dirinya Jadi Cawapres

Ia pun menyampaikan dan mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia, sekeras apapun pertarungan politik dalam kontestasi pilpres nanti, tetaplah selalu mengedepankan rasa persaudaraan untuk terus menjaga persatuan sesama anak bangsa. "Berpolitiklah secukupnya atau sekadarnya dan bertemanlah atau bersaudaralah selamanya," pungkasnya. (RO/Z-2)

BERITA TERKAIT