18 September 2023, 18:52 WIB

Terlibat TPPU Fredy Pratama, Polri Sita Aset Rp7 M Milik Selebgram Makassar Nur Utami


Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum

Instagram Nur Utami
 Instagram Nur Utami
Selebgram Makassar Nur Utami yang terlibat TPPU hasil jaringan narkoba Fredy Pratama.

POLRI menangkap Selebgram Makassar, Nur Utami pada Sabtu (16/9) lalu dan melakukan penyitaan aset dengan total nilai Rp7 miliar. Nur Utami disebut terlibat dalam aksi tindak pidana pencucian uang (TPPU) jaringan pengedar narkoba Fredy Pratama.

"Aset-aset yang berhasil kita amankan ada beberapa jenis kendaraan, di antaranya Alphard kemudian Hilux, termasuk juga HRV dan beberapa kendaraan yang lainnya," kata Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi, Senin (18/9).

Jayadi juga menyebutkan bahwa pihaknya turut menyita sejumlah barang-barang mewah milik Nur Utami. Total, aset yang telah diamankan itu senilai Rp7 miliar.

Baca juga: Polri Tetapkan Selebgram Makassar Tersangka Kasus TPPU Jaringan Fredy Pratama

"Dari yang bersangkutan juga kita lakukan penyitaan terhadap barang-barang bermerek seperti tas LV, Hermes dan beberapa jenis barang yang lainnya," sebutnya.

"Total asetnya lebih kurang kami hitung tadi sekitar 6 sampai 7 miliar," imbuhnya.

Baca juga: Mertua Fredy Pratama Bos Kartel Peredaran Narkoba

Selain itu, Jayadi juga mengaku masih melakukan penelusuran sejumlah aset milik lainnya dari hasil Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Kita sedang menelusuri aset-aset yang berbentuk berupa tanah dan bangunan, tim sedang bekerja," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri tetapkan seorang selebgram Makassar, Nur Utami, sebagai tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait pengungkapan jaringan narkoba Fredy Pratama.

"NU sudah ditetapkan sebagai tersangka TPPU dan telah dilakukan penahanan di Rutan Bareskrim," kata Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi, Senin (18/9).

(Z-9)

BERITA TERKAIT