15 August 2023, 10:39 WIB

Golkar Dukung Prabowo, Eksponen Ingatkan Airlangga Soal Keputusan Rapimnas


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (kedua dari kiri) ketika bersama PAN dan PKB menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai Capres

KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto diingatkan soal keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 2021 usai partai berlogo pohon beringin itu melabuhkan dukungan ke bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilu 2024. Rapat tersebut terkait mandat Airlangga maju sebagai capres atau cawapres.

"Jangan lupa di dalam Rapimnas Partai Golkar 22 Maret 2021 telah diputuskan bahwa Pak Airlangga sendiri ditetapkan sebagai capres dan atau cawapres," kata salah satu eksponen sekaligus politikus Partai Golkar, Lawrence TP Siburian, saat dihubungi, Selasa (15/8).

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas Soksi) itu mengaku tidak masalah bila Prabowo jadi capres yang didukung Golkar. Namun, Lawrence menekankan pentingnya Airlangga memahami mekanisme yang berlaku terkait sikap itu.

Baca juga: Pengamat Nilai Yenny Wahid Bisa Menentukan Kemenangan di Pilpres 2024 

"Yang penting caranya harus konstitusional sesuai AD/ART dan aturan-aturan partai, tidak seenaknya sendiri seolah-olah Partai Golkar miliknya sendiri," ujar Lawrence.

Anggota dari Pemrakarsa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar itu mengatakan Airlangga harus mempertanggungjawabkan terlebih dahulu soal sikap yang akhirnya mendukung Prabowo. 

Menurut Lawrence, sikap politik Partai Golkar itu seharusnya diputuskan terlebih dahulu melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) atau Rapimnas.

Baca juga: PPP Tak Kepikiran Meninggalkan PDIP Kalau Sandiaga Tidak Terpilih Sebagai Cawapres

"Jadi tidak seenaknya saja tanpa ada pertanggungjawaban gagal dalam capres atau cawapres kemudian sesukanya mendukung siapa saja seolah-olah tidak mengerti organisasi. Hal ini yang sangat memprihatinkan," ucap Lawrence.

Golkar bersama PAN resmi mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 melalui deklarasi bersama. Artinya, poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kini diisi empat partai, yakni Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN. (Z-1)

BERITA TERKAIT